5 Kota Terdingin di Indonesia: Dua di Antaranya Terdapat di Bumi Cenderawasih

30 November 2023 13:11 WIB

Narasi TV

Foto Kota Mulia dari ketinggian. Kota Mulia di Papua merupakan salah satu kota terdingin di Indonesia. (Sumber: dok. Frans Huby)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Meskipun berada di kawasan beriklim tropis, kota-kota berikut ini punya iklim yang cenderung dingin dan menjadi yang paling dingin di antara kota lain di Indonesia.

Kota-kota berikut ini punya iklim yang relatif dingin karena letaknya yang berada di ketinggian dan tertutup vegetasi.

Bagi kamu yang tidak tahan dengan cuaca panas, lima kota berikut ini cocok untuk dikunjungi.

Kota terdingin di Indonesia

Berikut adalah daftar kota yang memiliki suhu udara paling dingin yang ada di Indonesia, simak sampai habis ya!

1. Kota Mulia

Pada urutan pertama terdapat Kota Mulia di Provinsi Papua. Secara geografis, kota ini terletak di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut (mdpl) dengan luas daratan mencapai 883 km².

Kota yang berada di Kabupaten Puncak Jaya ini merupakan satu-satunya daerah berpenghuni yang dikelilingi pegunungan Jayawijaya atau Puncak Jaya. 

Jayawijaya sendiri merupakan puncak tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 4.884 mdpl.

Curah hujan di Kota Mulia tergolong tinggi, hujan terjadi sepanjang tahun di kota ini. 

Dengan ketinggian dan curah hujan tersebut, rata-rata suhu udara di Kota Mulia berkisar 15 derajat celsius pada siang hari dan dapat mencapai 9 derajat celsius pada malam hari.

Selain memiliki suhu udara yang sangat dingin, keunikan lain kota Mulia adalah tidak ditemukannya rumah warga yang berbahan semen kecuali kantor desa, puskesmas, sekolah, dan gedung perkantoran.

Masyarakat Kota Mulia masih menggunakan rumah adat Papua bernama Hanoi. Rumah itu dibuat tanpa jendela yang berfungsi agar udara dingin tidak mudah masuk, terutama di malam hari. 

2. Kota Waghete

Pada urutan kedua, terdapat Kota Waghete yang juga berada di tanah Cenderawasih. Kota ini terletak di Kabupaten Deiyai, Provinsi Papua.

Suhu udara siang hari di Waghete mencapai 15 derajat celsius, sementara pada malam hari bisa mencapai 10 derajat celsius. 

Waghete merupakan kota yang terletak di pinggiran Danau Tigi dengan ketinggian daratan mencapai 1700 mdpl.

3. Kota Mamasa

Selanjutnya, kota terdingin di Indonesia adalah Kota Mamasa yang terletak di Provinsi Sulawesi Barat, berjarak 340 km dari Kota Makassar.

Kota penghasil tenun ini terletak di ketinggian 1.900 mdpl dengan suhu udara pada siang hari berada di 15 derajat celsius, sedangkan malam hari mencapai 12 derajat celsius.

Jadi tidak heran, cuaca yang cukup dingin membuat kota Mamasa dikenal sebagai wilayah pengembangan kopi rakyat. 

Pada tahun 1980-an Mamasa menjadikan kopi sebagai komoditas unggulan daerah kedua setelah kakao untuk Sulawesi Barat.

4. Kota Ruteng

Berikutnya, ada Kota Ruteng yang memiliki suhu terdingin keempat di Indonesia. 

Kota ini berada di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan ketinggian mencapai 1200 mdpl.

Kota yang berada di kaki Gunung Ranaka ini dijuluki Kota Seribu Biara, lantaran banyak bangunan biara satu dengan yang lainnya hanya berjarak 50 sampai 100 meter.

Wilayah yang memiliki luas wilayah 7.136,4 km² berdiri lebih dari 52 komunitas biarawan/biarawati dari berbagai macam kongregasi religius berbagai negara di belahan dunia.

Selain itu Kota Ruteng juga dikenal dengan pemandangan indah terutama Gua Liang Bua. 

Gua tersebut menjadi salah satu tempat penelitian arkeologi lantaran masih banyak ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresiensis.

5. Kota Berastagi

Kota yang diapit oleh Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung ini memiliki masuk daftar kota yang memiliki suhu terdingin di Indonesia dengan suhu berkisar 16-17 derajat celsius. 

Kota Berastagi menjadi salah satu kota yang terletak di Kabupaten Karo dan menjadi kota terbesar kedua di dataran tinggi Karo setelah Kota Kabanjahe.

Kota ini dikenal dengan sebutan Kota Markisa dan Jeruk Manis lataran masyarakat Berastagi banyak menanam markisa dan jeruk manis.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR