KSP Sebut Jokowi Beri Perhatian Serius dalam Kasus Peretasan Puluhan Jurnalis Narasi

10 Oktober 2022 03:06

Narasi TV

Presiden RI Joko Widodo. Foto: Dok. Humas Setkab RI

Penulis: Jay Akbar

Editor: Ramadhan Yahya

Presiden Joko Widodo memberi perhatian serius terhadap kasus peretasan yang menimpa puluhan jurnalis Narasi sepanjang pekan terakhir September 2022. 

Bagi Presiden Jokowi, perlindungan terhadap kerja-kerja jurnalis merupakan hal penting yang patut dijaga.

“Kami nanti akan mengadakan rapat koordinasi dengan kementerian lembaga terkait bagaimana ini segera diselesaikan karena presiden sangat concern bagaimana perlindungan terhadap kawan-kawan jurnalis ini,” kata Deputi V Kantor Staf Presiden Jaleswari Pramowardhani di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

Dalam pertemuan ini, Narasi bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI), LBH Pers, SAFEnet, dan sejumlah organisasi masyarakat sipil lainnya juga menyerahkan petisi berisi 16 ribu lebih dukungan publik yang meminta kasus peretasan terhadap Narasi diusut tuntas.

Jaleswari berjanji pihaknya akan mengusut tuntas siapa pelaku peretasan ini.

“Saya rasa pemerintah juga berkepentingan untuk mengusut peretasan yang terjadi di puluhan kawan-kawan jurnalis ini (Narasi) agar segera terungkap,” ucap Jaleswari.

Pengusutan tuntas kasus peretasan yang menimpa puluhan jurnalis Narasi perlu dilakukan bukan saja karena menyangkut indeks demokrasi Indonesia, namun juga sebagai bagian dari komitmen pemerintah melindungi semua warganya.

“Jadi sesuai tupoksi kami yaitu pengendalian program, pengelolaan isu strategis, dan komunikasi publik, saya rasa kasus ini sangat penting bukan saja untuk capaian indeks demokrasi Indonesia tetapi ini bagaimana negara hadir untuk melindungi semua warga negaranya,” ujar Jaleswari.

Jaleswari berjanji pihaknya akan mengaji seluruh dokumen yang telah diserahkan dan mengadakan rapat koordinasi antarkementerian dan lembaga untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Kami akan mengaji dokumen-dokumen yang sudah disampaikan,” katanya.

Manager Pemberitaan Narasi Laban Abraham Laisila mengatakan kasus peretasan yang menimpa jurnalis merupakan ancaman terhadap kepentingan publik. Ia berharap pemerintah sungguh-sungguh mengungkap kasus ini.

“Kami berharap Kantor Staf Presiden dan Presiden Jokowi mengawal kasus ini karena peretasan yang terjadi kepada awak Narasi mengancam kepentingan publik,” kata Laban.

Sepanjang pekan terakhir September 2022, sedikitnya ada 31 jurnalis Narasi yang menjadi korban peretasan.

Beberapa waktu lalu, Narasi didampingi oleh LBH Pers, AJI, SAFEnet, dan sejumlah organisasi masyarakat sipil juga telah mengadukan kasus ini ke Dewan Pers dan Bareskrim Mabes Polri.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Jokowi Dinilai Restui Acara Relawan, Kenapa Kritik PDI Perjuangan Cuma Menyerang Relawan?

TEKS

MA Kabulkan PK Jokowi, Pemerintah Lolos dari Vonis Melawan Hukum Karhutla

TEKS

Isi Leaders' Declaration di KTT G20 Bali

TEKS

Saat Jokowi Panggil Xi Jinping Kakak Besar dan Singgung Kereta Cepat Jakarta-Bandung

TEKS

Jokowi Ajak Anak Mantunya Makan Bareng Presiden Uni Emirat Arab Usai Resmikan Masjid Sheikh Al Zayed

TEKS

OPINI: Taktik Jokowi Menyiapkan Pengganti

VIDEO TERKAIT

03:49

Piala Dunia, Kita Senang Underdog Kalahkan Tim Unggulan: Riset dan Penjelasannya

07:43

Negara Sekecil Qatar Kok Pengin Banget Jadi Tuan Rumah Piala Dunia?

14:33

Kesaksian Eliezer: Pertengkaran Sambo-Putri dan Perempuan di Rumah Bangka

09:20

Anak-Anak TKI Terlantar, Terancam Menikah Dini

02:37

Monyet-Monyet Berkeliaran di Bandung Timur, BMKG: Belum Tentu Ada Aktivitas Gempa

02:51

Sosok Calon Panglima TNI Yudo Margono yang Bakal Gantikan Andika Perkasa

13:13

Pelaku Perkosaan di Kemenkop-UKM Dipecat

07:00

Polisi: Kerja Keamanan tapi Kayak Mau Perang

02:42

Mahfud MD: Batal SP3, Proses Hukum Kasus Pemerkosaan Pegawai Kemenkop UKM Dilanjutkan

04:16

Ribut Elite Buat Anak Muda Muak ke Partai. Reda Usai Anwar Perdana Menteri?

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya