Lirik dan Makna Lagu Lyodra “Tak Selalu Memiliki”, OST Film Ipar Adalah Maut

24 Juni 2024 15:06 WIB

Narasi TV

Penyanyi Lyodra. Sumber: ANTARA.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Penyanyi Lyodra merilis lagu bertajuk “Tak Selalu Memiliki” pada 26 April 2024. Lagu ini menjadi soundtrack film Ipar Adalah Maut yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Bagaimana lirik dan makna lagu “Tak Selalu Memiliki”? Simak ulasannya berikut ini!

Lagu “Tak Selalu Memiliki” merupakan produksi dari MD Music dan Universal Music Indonesia. Lirik lagunya ditulis oleh musisi Yovie Widianto, serta dinyanyikan oleh Lyodra Ginting. Ini adalah kali pertama Lyodra menyanyikan lagu yang digunakan untuk soundtrack film.

“Tak Selalu Memiliki” menjadi soundtrack film Ipar Adalah Maut yang rilis sejak 13 Juni 2024. Tidak hanya itu, lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi jebolan Indonesian Idol tersebut juga sering digunakan untuk konten media sosial. Terbukti lagu ini sempat trending di TikTok dan YouTube.

Lirik Lagu Lyodra “Tak Selalu Memiliki”

Mungkin aku telah salah

Memilih hati yang tak sungguh sejalan

Rintangan yang ada nanti

Kan datang melaju, dari sekitar kita

Biarkan hatiku, yakinkan diri

Bila nantinya tak akan bersama

Aku tak bisa memilih cinta

Bila semesta pisahkan kita

Aku tak mampu memaksa kita

Pabila restu tak pernah ada

Tuhan tolonglah, benar aku inginkan dirinya

Meski kau katakan bisa

Tapi hatimu tampaknya tak bisa

Biarkan hatiku, yakinkan diri

Bila nantinya tak akan bersama

Aku tak bisa memilih cinta

Bila semesta pisahkan kita

Aku tak mampu memaksa kita

Pabila restu tak pernah ada

Tuhan tolonglah, benar aku inginkan dirinya

Mungkinkah ini terjadi

Kaulah suratan untukku

Takdir aku untukmu

Mungkinkah tercipta untukku

Makna Lagu Lyodra “Tak Selalu Memiliki”

Lagu ini dapat dimaknai sebagai curahan hati tentang hubungan yang tidak sejalan. Jika dikaitkan dengan film Ipar Adalah Maut, “Tak Selalu Memiliki” bercerita tentang perselingkuhan yang membuat hubungan retak.

Lirik di awal yang berbunyi: “Mungkin aku telah salah. Memilih hati yang tak sungguh sejalan” menggambarkan tentang penyesalan. Seseorang yang telah salah memilih pasangan karena ternyata tidak satu tujuan. Mereka ternyata tidak bisa menghadapi cobaan dalam hubungan bersama-sama.

Dalam film Ipar Adalah Maut, Nissa (Michelle Ziudith) tidak bisa mempertahankan rumah tangganya bersama Aris (Deva Mahenra). Hal tersebut dikarenakan Aris telah berselingkuh dengan adik iparnya alias adik kandung Nissa, Rani (Davina Karamoy). 

Di satu sisi, Nissa sangat mencintai Aris. Ia pernah merasa sangat bahagia ketika hanya ada Aris dan anaknya, Raya (Alesha Fadillah) di dalam rumah. Namun, kehangatan ini perlahan memudar ketika Rani tinggal bersama mereka.


Melalui reff “Tak Selalu Memiliki” tersirat makna bahwa siapapun bisa memilih cinta. Tetapi jika Tuhan tidak berkehendak, maka manusia tidak bisa memaksa. Maka reff berakhir dengan kalimat: “Tuhan tolonglah, benar aku inginkan dirinya”. Kalimat tersebut berisi pengharapan agar tetap bisa bersama kekasihnya apapun yang terjadi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR