LIVE REPORT: Pantauan Arus Mudik Menggunakan Kereta Api, KAI Sebut 362 ribu Pemudik Berangkat Jelang Lebaran

21 Apr 2023 17:04 WIB

thumbnail-article

Stasiun Pasar Senen tengah dipadati penumpang saat puncak arus mudik, Jakarta, Jumat (21/4/2023) (ANTARA/Bayu Saputra)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) menyebut sebanyak 362 ribu pemudik sudah diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mulai 12-21 April 2023. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

Menurut PT KAI, puncak arus mudik dengan keterisian tempat duduk mencapai 100 persen terjadi sejak 18 hingga 21 April 2023. 1 juta tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) sudah disiapkan oleh PT KAI dengan 1.513 perjalanan keberangkatan dari kedua stasiun di Jakarta tersebut. Perjalanan tersebut sudah mencakup perjalanan kereta api (KA) tambahan yang tersedia dengan tujuan Yogyakarta, Semarang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Malang.

“Di puncak arus mudik rata-rata pengguna jasa yang berangkat untuk tahun ini sekitar 42 ribu, di tahun lalu hanya sekitar 36 ribu pengguna jasa yang berangkat pada saat puncak. Ini menandakan peningkatan,”jelas Eva pada 21 April 2023, dilansir dari Antara.

KAI memprediksi bahwa arus mudik masih berlanjut sampai 23 April mendatang. Mengingat angka penjualan tiket untuk tanggal 22 dan 23 April sudah mencapai 98,5 persen. Walau begitu, penjualan tiket masih berlangsung hingga keterisian tempat duduk mencapai 100 persen.

Bagi pemudik yang ingin memesan tiket kereta api, pemudik bisa memesan melalui aplikasi KAI Access, mitra yang bekerja sama dengan KAI, atau membeli langsung di loket stasiun. Yang perlu dicatat adalah pembelian langsung di loket stasiun hanya dilayani 3 jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Di Lebaran 2023 ini, sekitar 70 kereta api beroperasi setiap hari dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Hal ini tentu mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya ada 59 kereta api setiap harinya.

Menurut hasil survei dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), ada sekitar 14,47 juta pemudik menggunakan moda transportasi kereta api pada Lebaran 2023. Jumlah ini diperkirakan setara 11,69% dari total pemudik yang mencapai 123,8 juta orang. Dari angka tersebut, sebanyak 14,91% pemudik kereta api akan melakukan perjalanan satu hari sebelum Lebaran.

Oleh karena banyaknya pemudik dan tingkat keterisian kursi di kereta api mencapai 100%, PT KAI mengingatkan penumpang akan aturan bagasi. Setiap penumpang difasilitasi bagasi dengan berat maksimal 20 kilogram dengan volume maksimal 100 liter untuk dimensi 70x48x30 cm. Apabila aturan tersebut dilanggar, maka penumpang akan diberi sanksi untuk membayar uang denda.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER