Luhut Binsar Pandjaitan Sedang Sakit, Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Menko Marves

11 Oktober 2023 13:10 WIB

Narasi TV

Arsip foto - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan kue ulang tahun kepada tamu yang hadir dalam acara peringatan hari ulang tahunnya di Jakarta, Kamis (28/9/2023). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/Spt

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Presiden Joko Widodo (Jokowi), telah mengangkat Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) ad interim

Penunjukan ini dilakukan karena Luhut Binsar Pandjaitan, yang saat ini menjabat sebagai Menko Marves, sedang dalam masa pemulihan. Penggantian ini sifatnya ad interim, dan Luhut diharapkan akan kembali ke jabatannya setelah pulih.

"Karena saat ini Pak LBP, Menko Marves, sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN, sebagai Menko Marves Ad Interim," kata Ari Dwipayana, Koordinator Staf Khusus Presiden dilansir dari Antara, Rabu (11/10/2023).

Sebelumnya, pada Selasa (10/10), Luhut Pandjaitan membagikan kondisi kesehatannya melalui akun Instagram pribadinya, @luhut.pandjaitan. Dalam unggahan tersebut, ia menjelaskan bahwa ia mengalami kelelahan luar biasa setelah menghadiri sebuah acara. Kelelahan tersebut, Luhut alami sejak Jumat, (6/10).

"Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut dalam unggahan tersebut.

Luhut kemudian dilaporkan dibawa istrinya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk mendapatkan perwatatan. Dalam keadaan tersebut, ia sempat tidak diizinkan dokter untuk melakukan aktivitas dan harus beristirahat penuh.

Terdapat informasi yang menyebutkan bahwa Luhut dilarikan ke Singapura untuk mendapatkan perawatan medis yang intensif. Namun, juru bicara dari Menko Marves, Jodi Mahardi, menyatakan bahwa Luhut sedang dirawat di Jakarta.

Dalam unggahan di akun Instagramnya, Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi bahwa ia sedang dalam tahap pemulihan dan dilarang untuk melakukan aktivitas berat. Bahkan untuk hal-hal sepele seperti mengecek berita, ia harus mematuhi instruksi dari tim medis.

"Dengan kondisi yang seperti itu, praktis selama beberapa hari saya tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk sekedar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin saya lakukan setiap pagi, saya tak diperbolehkan oleh istri," ujar Luhut dalam unggahan itu.

Beberapa temannya, termasuk Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan menyarankan Luhut untuk menjalani pemulihan di Singapura. Oleh karena itu, Luhut memutuskan untuk menjalani pemeriksaan medis dan pemulihan di negara tetangga tersebut.

Usai ditunjuknya Erick Thohir sebagai sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menggantikan posisi Luhut Binsar Pandjaitan, dengan demikian Erick Thohir memegang 3 jabatan penting saat ini, yakni Menteri BUMN, Ketua Umum PSSI, dan Menko Marves.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR