10 Makanan Khas Betawi yang Bisa Bikin Ketagihan

27 Februari 2024 22:02 WIB

Narasi TV

Kerak telor, salah satu makanan khas Betawi yang populer. (ANTARA/Sugiharto Purnama)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Betawi, yang merupakan suku asli Jakarta, memiliki warisan kuliner yang kaya dan unik. 

Makanan khas Betawi mencerminkan campuran budaya dan pengaruh dari berbagai suku dan etnis yang tinggal di Jakarta dari satu generasi ke generasi.

Makanan khas Betawi tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga membawa Anda dalam petualangan kuliner yang tak terlupakan. 

Dari Soto Betawi yang khas hingga Kerak Telor yang lezat, setiap hidangan mencerminkan kekayaan budaya dan tradisi kuliner yang dimiliki oleh masyarakat Betawi.

Dalam artikel ini, akan membahas 10 makanan khas Betawi yang tidak hanya lezat tetapi juga sarat dengan cerita dan kekayaan budaya.

Makanan khas Betawi

Berikut beberapa contoh makanan khas Betawi yang terkenal:

1. Soto Betawi

Soto Betawi adalah hidangan yang tidak boleh dilewatkan jika Anda mengunjungi Jakarta. Kuahnya yang berbasis santan dan rempah-rempah memberikan cita rasa yang khas. 

Daging sapi yang dimasak dengan sempurna, ditambah dengan kentang, tomat, dan seledri, membuat hidangan ini menjadi sajian yang menggugah selera.

2. Kerak telor

Kerak Telor adalah camilan tradisional Betawi yang terbuat dari campuran telur ayam, beras ketan, bawang merah, serundeng, dan ebi (udang kecil kering). 

Semua bahan tersebut dibungkus dalam daun pisang dan dipanggang hingga matang. Rasanya yang unik dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi camilan favorit di Jakarta.

3. Sop buntut

Sop Buntut adalah hidangan yang terbuat dari ekor sapi yang dimasak dalam kuah kaldu dengan tambahan wortel, kentang, tomat, dan rempah-rempah. 

Kuahnya yang gurih dan daging ekor sapi yang lembut membuat hidangan ini menjadi pilihan yang sempurna untuk santapan malam.

4. Nasi uduk Betawi

Nasi Uduk Betawi adalah hidangan nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti daun pandan dan serai. 

Disajikan dengan berbagai lauk-pauk seperti ayam goreng, tempe orek, telur balado, dan kerupuk, membuat hidangan ini menjadi sajian yang nikmat dan mengenyangkan.

5. Asinan Betawi

Asinan Betawi adalah hidangan salad buah atau sayur yang disajikan dengan bumbu kacang pedas dan manis. 

Terdiri dari irisan buah seperti mangga muda, nanas, kedondong, dan timun, disiram dengan bumbu kacang dan ditaburi kacang tanah serta kerupuk, membuatnya menjadi hidangan yang segar dan lezat.

6. Selendang mayang

Selendang Mayang adalah minuman khas Betawi yang terbuat dari campuran susu, sirup merah, dan agar-agar. 

Disajikan dingin dengan tambahan es serut atau es batu, minuman ini memiliki rasa manis yang menyegarkan dan cocok untuk dinikmati di cuaca yang panas.

7. Dodol Betawi

Dodol Betawi adalah kue tradisional yang terbuat dari campuran ketan, gula merah, santan, dan bumbu-bumbu lainnya. 

Dimasak hingga mengental dan dipotong-potong, dodol Betawi memiliki rasa manis yang khas dan tekstur yang lengket, menjadikannya sebagai oleh-oleh khas Jakarta yang populer.

8. Rujak Betawi

Rujak Betawi adalah hidangan rujak yang terdiri dari irisan buah segar seperti mangga, nanas, kedondong, dan jambu biji, yang disiram dengan bumbu rujak khas Betawi yang pedas dan manis. 

Tambahan kacang tanah dan kerupuk membuat hidangan ini semakin nikmat dan menggugah selera.

9. Kue lumpur

Kue Lumpur adalah kue tradisional Betawi yang terbuat dari tepung beras, kelapa parut, gula merah, dan santan. Adonan dimasukkan ke dalam daun pisang dan dikukus hingga matang. 

Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuatnya menjadi hidangan penutup yang sempurna untuk disantap setelah makan.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR