6 Makanan yang Mengandung Vitamin D, Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

1 Feb 2024 08:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi daging ikan salmon sebagai salah satu makanan dengan kandungan vitamin D yang tinggi. (Sumber: Pexels/Huy Phan)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dapat membuat tubuh lebih sehat dan terbebas dari penyakit tulang. Sebab, vitamin D sangat berguna untuk kalsium. Lantas, apa saja makanan yang mengandung vitamin D?

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak dan memiliki keluarga senyawa D1, D2, dan D3. 

Selain mengonsumsi makanan, vitamin D juga bisa didapatkan melalui sinar matahari langsung, terlebih saat pagi hari.

Umumnya, anak-anak dan orang dewasa membutuhkan 15 mikrogram (mcg) vitamin D setiap harinya. Kebutuhan vitamin ini akan semakin meningkat ketika memasuki usia 70 tahun ke atas yaitu sekitar 20 mcg.

Vitamin D sangat penting untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi, serta mampu melawan penyakit tertentu. Bahkan, studi menunjukkan bahwa vitamin D juga berperan penting mengurangi risiko depresi dan memperbaiki mood.

Makanan yang mengandung vitamin D

Suplemen vitamin D memang sudah banyak dijual di pasaran. Namun, kamu juga bisa mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung vitamin tersebut. 

Berikut beberapa makanan yang mengandung vitamin D:

1. Kuning telur

Dalam satu kuning telur terdapat 40 IU vitamin D. Meski begitu, kamu harus tetap membatasi konsumsi kuning telur setiap harinya agar tidak terkena penyakit yang disebabkan oleh kolesterol jahat LDL.

2. Salmon

Setiap 100 gram ikan salmon yang sudah dimasak mengandung 450 IU vitamin D. Jumlah ini tentu dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Selain salmon, kamu bisa menggantinya dengan ikan sarden dengan kandungan yang sama.

3. Jamur

Paparan sinar hari membantu jamur untuk bisa menghasilkan vitamin D. Dalam hal ini, kamu bisa mengonsumsi jamur tiram. Apalagi jika kamu termasuk vegetarian yang tidak mengonsumsi daging hewan.

4. Daging merah

Selanjutnya yaitu daging merah dari sapi, kambing, dan domba. Daging merah mengandung vitamin D yang baik untuk tubuh. 

Namun, kamu tetap harus membatasi asupan yang masuk. Mengingat bahwa daging merah juga mengandung lemak yang mampu menimbulkan kolesterol.

5. Produk olahan susu

Produk olahan susu seperti keju dan yogurt juga mengandung vitamin D. Kandungan tersebut membantu proses penyerapan kalsium dalam tubuh. Alhasil, kesehatan tulang dan gigi pun akan terjaga.

6. Sereal dan oatmeal

Sereal dan oatmeal juga mampu memberikan asupan 40 IU vitamin D setiap porsinya. Apalagi jika oatmeal dikonsumsi tanpa pemanis dan menambahkan susu rendah lemak.

Itu tadi beberapa rekomendasi makanan yang mengandung vitamin D. Semoga bermanfaat!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER