Makanan Khas Thailand Paling Populer dan Wajib Dicoba

30 Oktober 2023 21:10 WIB

Narasi TV

Salah satu proses pembuatan makanan khas Thailand yang diperjual-belikan di Pecinan Bangkok, Thailand. REUTERS/Athit Perawongmetha

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Thailand merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki beragam kekayaan seperti budaya, sejarah, samai kuliner yang tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Terlebih bagi kamu yang ingin mengunjungi Negeri Gajah Putih tersebut, kamu sangat disarankan mencoba aneka kuliner khas Thailand yang mendunia.

Selain memanjakan lidah dengan makanan-makanan yang enak, wisata kuliner di Thailand juga dapat dijadikan alternatif mempelajari budaya dan sejarah Thailand dari sepiring hidangan khas di sana.

Makanan khas Thailand

Thailand memiliki kuliner dengan cita rasa yang unik dan juga enak, jadi sayang sekali ketika kamu berencana liburan ke Thailand tapi tidak mencicipi kulinernya.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah makanan khas Thailand yang paling recommended buat kamu coba, simak daftarnya:

1. Tom Yam

Hampir semua orang pasti sudah cukup familiar dengan makanan khas Thailand yang satu ini, makanan berkuah ini cocok bagi kamu yang menyukai cita rasa asam dan pedas.

Tom Yam biasanya menggunakan udang sebagai kaldu utamanya, selain itu isiannya beragam, mulai dari ikan, kerrang dan lain sebagainya. Sebelum kamu memesannya, pastikan kembali level kepedasannya.

2. Mango Sticky Rice

Makanan satu ini biasanya disajikan sebagai hidangan penutup. mango sticky rice alias ketan mangga ini terdiri dari ketan, potongan mangga, serta kuah santan.

Makanan khas Thailand satu ini sempat populer beberapa tahun lalu di Indonesia, dengan cita rasa gurih, manis, sedikit asam dan segar buah mangga. 

Hidangan ini juga cukup familiar di lidah dan bisa diterima bagi orang Indonesia.

3. Pad Thai

Makanan satu biasa dikenal sebagai street food yang cukup melegenda, pasalnya Pad Thai sudah ada sejak zaman kerajaan Ayutthaya dan dipercaya sebagai kuliner yang berasal dari Vietnam atau China..

Hidangan Pad Thai terdiri dari mie yang terbuat dari beras yang dicampur dengan telur, tahu, asam, bawang putih, saus ikan, cabai, kacang kedelai, dan gula.

4. Khao Pad

Tidak hanya Indonesia, Thailand juga memiliki hidangan nasi goreng yang diberi nama Khao Pad.

Nasi goreng khas Thailand ini dibuat dengan memasak nasi yang dicampur dengan telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, serta saus kecap.

Cara penyajiannya kamu bisa menyantapnya dengan irisan timun, selada, tomat, serta jeruk.

5. Kaeng Phet

Makanan khas Thailand berikutnya adalah Kaeng Phet, makanan berkuah ini dibuat dari campuran bumbu kari merah, santan, dan daging seperti daging ayam, sapi, atau babi.

Bumbu kari merahnya kaya akan rempah dengan perpaduan cabai merah kering, bawang merah dan putih, lengkuas, jintan putih, lada, garam, terasi, dan sebagainya.

Semua bumbu ditumbuk halus kemudian dimasak dengan minyak goreng dan juga santan kelapa.

Itu tadi aneka makanan khas negara Thailand yang cukup populer, dari daftar makanan di atas kamu lebih tertarik mau nyobain yang mana?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR