Ganjar-Mahfud Pamer 'Sat-Set' dan 'Tas-Tes' Dalam Debat Capres 2024, Apa Maknanya?

12 Dec 2023 21:12 WIB

thumbnail-article

Ganjwa Pranowo dan Mahfud MD saat memasuki panggung utama Debat Capres pada Selasa, 12 Desember 2023. Sumber: YouTube Najwa Shihab.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat debat pertama Capres Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023) terlihat kompak mengenakan baju kemeja putih.

Pada kesempatan sebelum-sebelumnya, Ganjar-Mahfud kerap mengenakan kostum berbeda, yakni ganjar dengan kemeja dan celana panjang hitam-hitam, dan Mahfud yang kerap mengenakan kemeja putih dipadu celana panjang hitam.

Namun, pada moment kali ini ada satu hal yang cukup menarik perhatian publik yaitu makna tulisan yang berada kemeja putih yang dikenakan kedua capres-cawapres nomor urut tiga ini.

Berdasarkan pantauan Tim Narasi TV, Ganjar dan Mahfud kompak memasuki area debat dengan menggunakan kemeja putih yang bertuliskan slogan keduanya, yakni 'Sat-Set' dan 'Tas-Tes'.

Terlihat Ganjar menggunakan baju bertulisan “Sat-Set', sementara wakilnya Mahfud MD mengenakan baju bertulisan 'Tas-Tes'.

Kedua slogan itu tertulis di sisi kanan dan punggung kemeja pasangan capres-cawapres nomor urut tiga tersebut. Lantas apa makna dari slogan 'Sat-Set' dan 'Tas-Tes'?

Makna Sat-Set dan Tas-Tes

Kata “Sat Set” sendiri mungkin sudah kerap kita dengar di kehidupan sehari-hari, walau “Sat Set” sendiri tidak ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 

Kata "Sat Set " sendiri sering kali diartikan sebagai “cepat” “segera” atau “lekas.”

Sementara kata 'tas-tes' memiliki kandungan makna yang berari cekatan. Kedua slogan yang dipakai pasangan Ganjar-Mahfud 'Sat-Set' dan 'Tas-Tes'  ini erat dengan visi yang mereka bawa, yaitu percepatan. 

Tidak hanya slogan 'Sat-Set' dan 'Tas-Tes' saja yang menarik perhatian publik, tetapi corak pada kemeja yang mereka kenakan juga terlihat berbeda. Pada kemeja Ganjar terlihat lambang salam tiga jari, sedangkan pada kemeja yang dikenakan oleh Mahfud terlihat lambang neraca keadilan. Logo ini seperti memperlihatkan latar belakang Mahfud yang merupakan sosok pakar hukum yang cukup berpengaruh di Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, tema debat pertama kali ini membahas mengenai pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER