Manfaat Puasa Daud, Salah Satunya untuk Mendapatkan Jodoh

24 Agustus 2023 22:08 WIB

Narasi TV

Ilustrasi puasa Daud. (Sumber: Pexels/PhotoMIX Company)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Puasa Daud merupakan salah satu puasa sunah yang diamalkan oleh umat Islam. Tata cara puasa sunah satu ini dilakukan berselang seling, yaitu satu hari puasa, sehari tidak puasa, dan seterusnya.

Terkait waktu dan durasi puasa Daud sama seperti puasa pada umumnya yaitu dimulai dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari di waktu Magrib.

Puasa ini dapat dikerjakan kapan saja, kecuali hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa seperti pada Hari Raya Idulfitri (1 Syawal), Hari Raya Iduladha (10 Zulhijah), hari tasyrik (11, 12, dan 13 Zulhijah), separuh terakhir dari bulan Syakban, dan hari yang diragukan (30 Syakban, saat orang melaksanakan rukyatul hilal).

Salah satu keutamaan puasa sunah satu ini adalah puasa yang paling disenangi oleh Allah Swt., seperti dalam penjelasan hadis Nabi Muhammad saw. berikut.

إِنَّ أَحَبَّ الصِّيَامِ إِلَى اللهِ صِيَامُ دَاوُدَ وَأَحَبَّ الصَّلاَةِ إِلَى اللهِ صَلاَةُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ كَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ وَكَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا

Artinya: “Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan salat yang paling disukai Allah adalah salat Nabi Daud. Beliau biasa tidur di pertengahan malam dan bangun pada sepertiga malam terakhir dan beliau tidur lagi pada seperenam malam terakhir. Sedangkan beliau biasa berpuasa sehari dan berbuka sehari berikutnya.” (HR al-Bukhari dan Muslim).

Dalam hadis lain juga dijelaskan bahwa puasa Daud lebih utama jika dibandingkan puasa sunah lainnya. Rasulullah saw. bersabda:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ صِيَامُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام كَانَ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا 

Artinya: “Puasa yang paling utama adalah puasanya Nabi Daud ‘alaihissalam, ia berpuasa sehari dan berbuka (tidak berpuasa) sehari.” (HR an-Nasa`i).

Manfaat Puasa Daud

Puasa sunah yang dikerjakan berselang-seling ini memiliki beragam manfaat, berikut adalah ulasan lengkapnya.

1. Mendapatkan rida Allah Swt.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa puasa sunah satu ini merupakan puasa yang paling disukai Allah Swt.

Oleh karenanya, puasa ini bisa diamalkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Yang Maha Esa.

2. Dilancarkan segala urusannya

Manfaat selanjutnya adalah dimudahkan segala urusan, terutama bagi yang ingin mendapatkan jodoh. 

Hal tersebut lantaran saat menjalankan puasa Daud merupakan salah satu waktu paling baik untuk berdoa.

3. Membuat fisik menjadi lebih kuat

Selain untuk ibadah pendekatan diri kepada Allah Swt., puasa Daud juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Salah satunya menjadikan tubuh lebih segar lantaran saat menjalankan puasa terjadi proses detoksifikasi bagi tubuh, sehingga menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR