Kenali Manfaat Retinol dan Cara Menggunakannya Bagi Pemula untuk Wajah yang Lebih Glowing

9 Jul 2023 11:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang perempuan yang hendak menggunakan retinol. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Retinol adalah salah satu jenis skincare yang dapat mengatasi jerawat, menyamarkan noda bekas jerawat, serta mengecilkan pori-pori. Hal tersebut karena retinol mengandung bahan aktif berupa vitamin A yang dapat memperbaiki kinerja sel-sel lapisan kulit.

Cara kerja retinol ini bisa menembus lapisan kulit berupa stratum korneum dan dermis. Zat ini akan diubah menjadi asam retinoat dalam tubuh. Ketika retinol masuk ke lapisan kulit, maka ia mampu meningkatkan pergantian sel, mencegah kerusakan kolagen, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Manfaat retinol untuk wajah

Berikut manfaat retinol untuk wajah:

  • Mencegah jerawat

Jerawat muncul karena fluktuasi hormon. Apabila pori-pori tersumbat sel kulit mati dan minyak, maka dapat menimbulkan jerawat. Retinol menjadi solusi untuk mencegah tersumbatnya pori-pori wajah.

  • Menyamarkan bekas jerawat

Retinol dapat meningkatkan pergantian sel kulit baru sehingga bekas jerawat pun dapat tersamarkan.

  • Menghilangkan noda hitam

Noda hitam dapat terjadi karena penumpukan melanin atau pigmen pemberi warna kulit. Selain itu, noda hitam dapat muncul karena matahari atau usia. Di sini, retinol mampu menghilangkan noda hitam yang ada. Cara kerjanya pun sama dengan menyamarkan noda bekas jerawat.

  • Mengecilkan pori-pori

Pori-pori yang terletak di permukaan kulit dapat terlihat lebih besar jika tersumbat sel kulit mati atau untuk merawat pori-pori besar dan meningkatkan pergantian sel kulit sehingga tidak tersumbat lagi.                                                                                

  • Mengatasi kulit ayam

Kulit ayam atau keratosis pilaris adalah permukaan kulit kasar dan bergelombang. Retinol mampu mengatasi masalah tersebut dengan adanya pergantian sel yang mampu membuat lapisan atas kulit mengelupas.

  • Mencerahkan kulit

Retinol dapat membantu mencerahkan kulit dengan cara membuat sel kulit lama mengelupas, kemudian digantikan dengan sel kulit baru yang lebih cerah dan halus. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit berwarna atau gelap, perlu berhati-hati dalam menggunakan retinol agar tidak iritasi karena hiperpigmentasi.                

  • Meratakan warna kulit

Retinol mampu memperbaiki warna kulit yang tidak merata karena efek pergantian sel dan produksi kolagen.

  • Mencegah penuaan

Retinol yang dapat melindungi kerusakan kolagen ini juga bisa mencegah penuaan pada kulit. Dengan begitu, kulit bisa tampak lebih kencang dan memperlambat atau mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

Efek samping retinol

Retinol dapat memberikan efek samping, terutama bagi orang yang baru pertama kali menggunakan atau tipe kulit sensitif. Efek sampingnya adalah kulit akan menjadi kemerahan, gatal, dan kering.

Oleh karena retinol mengandung bahan aktif, maka penggunaannya pun tidak boleh terlalu sering. Apalagi jika digunakan bersamaan dengan produk skincare lain yang mengandung bahan AHA, BHA, Vitamin C, dan asam salisilat.

Jika kamu mengalami tanda-tanda ketidakcocokan dalam menggunakan retinol, segera berhenti dan konsultasikan ke dokter kulit atau kecantikan.

Cara menggunakan retinol

Berikut cara menggunakan retinol bagi kamu yang baru pertama kali mencoba:

  • Pilih produk dengan konsentrasi retinol rendah

Bagi kamu yang memiliki tipe kulit sensitif, kamu bisa mencoba retinol dengan konsentrasi terendah yaitu 0,01%. Biarkan kulit beradaptasi dulu dengan kandungan retinol yang ada.

Jika selama 2 minggu penggunaan kulit tidak menunjukkan gejala ketidakcocokan, kamu bisa menaikkan konsentrasi retinol secara bertahap.

  • Jangan menggunakan terlalu sering

Cukup gunakan 1-2 kali dalam seminggu. Hindari pemakaian yang terlalu sering, apalagi setiap hari. Jika selama 2 minggu tidak terjadi tanda-tanda iritasi, maka kamu bisa menggunakannya sebanyak 3-4 kali dalam seminggu.

  • Gunakan saat malam hari

Retinol sangat dianjurkan untuk digunakan malam hari. Hal tersebut karena kulit akan lebih sensitif terhadap sinar matahari ketika sedang menggunakan retinol. Maka, jika kamu menggunakan retinol di malam hari, kamu bisa menggunakan sunscreen dengan SPF 30 keesokan harinya.

  • Bersihkan wajah sebelum menggunakan retinol

Usahakan untuk melakukan double cleansing sebelum menggunakan retinol. Pastikan kondisi kulit tidak basah ketika akan mengaplikasikan retinol.

  • Oleskan retinol secara tipis

Tidak perlu mengoleskan terlalu banyak. Cukup gunakan sebesar biji kacang untuk wajah. Usahakan jangan mengoleskan di sekitar mulut, mata, dan sudut hidung.

  • Gunakan pelembab

Penggunaan retinol akan membuat kulitmu kering. Oleh karena itu, gunakan pelembab setelah menggunakan retinol.

  • Hindari menggunakan retinol bersama bahan peeling

Jangan gunakan retinol bersamaan dengan bahan peeling atau scrub. Usahakan jangan menggunakan skincare yang mengandung bahan AHA, BHA, asam salisilat, dan vitamin C.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER