Kenali Beragam Manfaat Teh Hijau Mulai dari Kesehatan Hingga Kecantikan

12 Juli 2023 14:07 WIB

Narasi TV

Sajian teh hijau. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Siapa yang tidak kenal green tea atau teh hijau? Pamornya semakin meningkat seiring banyak makanan dan minuman yang berbahan dasar teh hijau. Tapi belum semua orang mengetahui manfaat teh hijau.

Dari segi kesehatan, teh hijau sudah dikenal sejak dulu bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan juga dipercaya dapat menambah kecantikan. Lantas apa saja manfaat dari teh hijau? Simak ulasan lengkapnya. 

Manfaat teh hijau untuk kesehatan

Melansir dari laman, kemkes.go.id, teh hijau memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. 

  • Dapat mencegah penyakit jantung

Kandungan teh hijau yang mengandung asam fenolik diyakini dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung, selain itu teh hijau juga dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga resiko serangan penyakit jantung di tubuh bisa berkurang

  • Dapat menghambat pertumbuhan sel kanker

Antioksidan yang berupa polifenol yang ada di dalam teh hijau dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanke. Namun temuan ini masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan keefektifan teh hijau untuk mencegah atau bahkan mengobati kanker.

  • Dapat mencegah diabetes

Kandungan teh hijau yang  berupa senyawa catechin dipercaya dapat mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes dan menurunkan kolesterol pada darah.

Manfaat Teh Hijau untuk menurunkan berat badan

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, teh hijau juga diyakini dapat menurunkan berat badan secara alami. Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian “The American Journal of Clinical Nutrition”.

Dalam penelitian tersebut melibatkan 10 pria yang mengkonsumsi ekstrak teh hijau, hasilnya mereka berhasil meningkatkan pembakaran kalori sampai 4%.

Kandungan epigallocatechin gallate atau EGCG pada teh hijau dipercaya bisa mengurangi sindrom metabolik atau penumpukan lemak pada perut.

Manfaat teh hijau untuk kecantikan

Tidak hanya kesehatan dan juga tubuh, teh hijau juga bermanfaat bagi kecantikan, kandungan antioksidan, antimikroba, dan anti inflamasi menjadikannya salah satu bahan alami favorit untuk produk kecantikan, terutama masker.

Mengutip dari laman halodoc.com, berikut adalah beragam manfaat teh hijau untuk kecantikan

  • Dapat mengatasi rambut rontok
  • Mengurangi masalah jerawat
  • Menghilangkan flek hitam
  • Mencegah penuan dini
  • Dapat mengatasi masalah mata panda

Semoga informasi ini bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR