Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Mental, Termasuk Membuat Semakin Percaya Diri

27 Jun 2024 20:06 WIB

thumbnail-article

Foto seseorang tengah melakukan gerakan yoga. (Sumber: Freepik)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Jika kamu sering merasa stres dan perubahan mood signifikan, kamu bisa mencoba yoga. Yoga terbukti baik untuk kesehatan fisik dan mental dengan mengombinasikan teknik-teknik tertentu. Simak penjelasan berikut mengenai manfaat yoga bagi kesehatan mental.

Yoga adalah olahraga yang menggabungkan latihan pernafasan, meditasi, dan pose. Ketiganya bertujuan untuk membantu relaksasi dan mengurangi stres. Gerakannya pun terlihat sederhana, membutuhkan konsentrasi, dan mengendalikan nafas.

Tidak seperti olahraga pada umumnya, yoga dapat dipraktikkan di sanggar senam atau rumah. 

Gerakan yoga pun tidak sampai meloncat atau berlari layaknya olahraga atletik. Namun, bukan berarti gerakan yoga hanya duduk bersila saja.

Ada berbagai jenis yoga yang bisa dipilih. Mulai dari yoga hatha, vinyasa, ashtanga, bikram, iyengar, kundalini, restorative, yin, prenatal, dan power. Semuanya memiliki ciri khas dan tingkat kesulitannya masing-masing.

Lantas, apa saja manfaat yoga bagi kesehatan mental seseorang?

Manfaat yoga bagi kesehatan mental

Berikut manfaat yoga secara rutin bagi kesehatan mental:

1. Mengurangi stres

Sudah bukan rahasia lagi bahwa yoga dapat mengurangi stres dan membuat seseorang lebih rileks. 

Produksi serotonin (hormon bahagia) akan meningkat selama yoga. Hal ini dapat menghilangkan rasa stres akibat tekanan tertentu. Kamu juga bisa melakukan yoga bersama orang lain sebagai pelepas stres.

2. Mengurangi gangguan kecemasan

Yoga juga mampu mengurangi gangguan kecemasan pada seseorang. Pasalnya, dalam yoga diajarkan untuk mengatur pernafasan dan mengendalikan emosi. 

Tubuh yang rileks tentu membuat seseorang bisa berpikir jernih dan bijak. Kamu tidak akan merasa cemas berlebihan terhadap sesuatu.

3. Melawan depresi

Yoga dapat menurunkan kadar kortisol dalam tubuh. Kadar kortisol sendiri merupakan hormon stres yang mampu memengaruhi kadar serotonin dan neurotransmitter yang berkaitan dengan depresi. Jadi, tak heran jika yoga dapat mengurangi gejala depresi.

4. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat lainnya yaitu mampu meningkatkan rasa percaya diri. Rutin melakukan yoga akan membuat postur tubuhmu terbentuk lebih baik, serta berat badan pun bisa turun. 

Hal ini akan semakin menambah kepercayaan diri untuk tampil di depan umum.

5. Meningkatkan kualitas hidup

Dengan melakukan yoga secara rutin, maka dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Kamu akan merasa hidup jauh lebih bermakna, damai, dan tentram jika terus menebarkan sesuatu yang positif kepada sesama.

6. Membuat pikiran “awet muda”

“Awet muda” tidak hanya perkara fisik saja, melainkan juga pikiran. Yoga secara rutin dapat meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas gerak, serta memberi kekuatan pada lengan dan tungkai. 

Dengan begitu, yoga dapat mengurangi risiko depresi, serta menunjang kebugaran tubuh pada lansia.

Itu tadi beberapa manfaat yoga untuk kesehatan mental. Jangan lupa untuk tetap diimbangi dengan mengonsumsi makanan bergizi, asupan air mineral yang cukup, serta meningkatkan kualitas tidur. Niscaya manfaat yoga bisa dirasakan oleh tubuh.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER