Inilah Daftar 6 Mata Uang Terendah di Seluruh Dunia

31 Jul 2023 18:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi uang kertas. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Uang adalah alat tukar yang digunakan oleh seluruh masyarakat di dunia dalam kegiatan ekonomi. Setiap negara di dunia memiliki mata uangnya sendiri. Di Indonesia, mata uang yang berlaku adalah Rupiah.

Lembaga yang berhak untuk mengeluarkan atau memproduksi Rupiah adalah Perum Peruri atau Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia.

Lebih lanjut, meskipun setiap negara memiliki mata uang yang berbeda, namun antar negara tetap dapat melakukan transaksi. 

Untuk melakukan transaksi tersebut, setiap negara pada umumnya akan menilai atau melihat tinggi rendahnya nilai mata uang yang dimiliki menggunakan perbandingan dengan dolar AS, poundsterling, atau euro.

Setelah mengetahui nilai mata uang yang dimiliki maka suatu negara baru bisa melakukan transaksi luar negeri dengan negara lainnya. 

Kini setelah tahun 2022 berlalu, nilai mata uang setiap negara juga mengalami perubahan. Berikut adalah daftar negara yang memiliki mata uang terendah di seluruh dunia pada tahun 2023.

Lantas mata uang apa saja yang terbilang mata uang dengan nilai tukar yang rendah? Berikut deretan 6 negara dengan mata uang terendah di dunia.

Mata uang terendah di dunia

  1. Rial Iran (IRR)

Nilai tukar mata uang paling rendah di dunia dimiliki oleh Iran, dengan 1 Rial Iran sama dengan 0,000024 Dolar AS atau 1 Dolar AS sama dengan 42.250 Rial Iran.

  1. Dong Vietnam (VND)

Pada urutan kedua terdapat negara Vietnam dengan mata uang Dong. 1 Dong setara dengan 0,000042 dolar AS atau 1 Dolar AS setara dengan 23.710 Dong Vietnam.

  1. Leone Sierra Leone (SLL)

Mata uang terendah ketiga berada di Republik Sierra Leone di Afrika. Nilai 1 Leone setara dengan 0,000051 Dolar AS atau 1 Dolar AS setara dengan 19.750 Leone.

  1. Kip Laos (LAK)

Laos menjadi negara keempat dengan mata uang terendah di dunia. Nilai 1 Kip setara dengan 0,000052 Dolar AS, menjadikannya mata uang yang rendah nilainya.

  1.  Rupiah Indonesia (IDR)

Indonesia berada pada posisi kelima sebagai mata uang terendah di dunia. Nilai 1 Rupiah setara dengan 0,000067 Dolar AS, atau 1 Dolar AS setara dengan Rp 15.037.

  1. Pound Lebanon (LBP)

Mata uang Lebanon berada di posisi ke-5 sebagai mata uang terendah di dunia. 1 Pound Lebanon, memiliki nilai setara dengan 0,000067 Dolar AS, atau 1 Dolar AS setara dengan 14.994 Pound Lebanon.

Demikian informasi seputar nilai mata uang terendah di dunia yang dapat dipelajari dan pahami.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER