Mau Investasi? Pahami Pengertian, Manfaat dan Hal Lain yang Perlu Diketahui dari Reksadana Pendapatan Tetap

1 April 2023 10:04 WIB

Narasi TV

Uang koin sebagai simbol pengelolaan investasi. Sumber: pinhome.id.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Investasi merupakan salah satu cara yang paling umum digunakan untuk meningkatkan kekayaan dan meraih tujuan finansial jangka panjang. Salah satu bentuk investasi yang populer adalah investasi dalam reksadana.

Reksadana adalah investasi yang dikelola oleh manajer investasi yang melakukan diversifikasi investasi di berbagai instrumen keuangan, seperti saham, obligasi, atau pasar uang.

Di antara berbagai jenis reksadana, reksadana pendapatan tetap menjadi salah satu pilihan yang populer. Artikel ini akan membahas tentang pengertian, manfaat, dan hal-hal lain yang perlu diketahui tentang reksadana pendapatan tetap.

Reksadana Pendapatan Tetap 

Reksadana pendapatan tetap adalah jenis reksadana yang melakukan investasi pada instrumen keuangan berbasis pendapatan tetap, seperti obligasi, surat utang, dan deposito.

Investasi pada instrumen tersebut memberikan keuntungan berupa bunga yang diterima secara periodik dan jangka waktu yang sudah ditentukan.

Keuntungan tersebut dapat dinikmati oleh investor dalam bentuk dividen atau bunga. Reksadana pendapatan tetap biasanya dijadikan pilihan oleh investor yang menginginkan investasi dengan risiko rendah dan stabil.

Apa saja manfaat Reksadana Pendapatan Tetap?

Reksadana pendapatan tetap memiliki beberapa manfaat yang perlu diperhatikan oleh investor, yaitu:

  1.     Potensi hasil investasi yang stabil dan pasti

Reksadana pendapatan tetap memberikan keuntungan berupa bunga yang diterima secara periodik dan jangka waktu yang sudah ditentukan. Sehingga, investor dapat mengharapkan hasil investasi yang stabil dan pasti.

  1.     Diversifikasi investasi

Reksadana pendapatan tetap melakukan investasi pada instrumen keuangan yang berbeda-beda. Hal ini memberikan diversifikasi investasi bagi investor, sehingga risiko investasi dapat ditekan.

  1.     Mudah dikelola

Reksadana pendapatan tetap dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman dan memiliki keahlian khusus dalam mengelola portofolio investasi. Sehingga, investor tidak perlu repot-repot untuk mengelola investasi sendiri.

  1.     Biaya investasi yang relatif rendah

Biaya investasi pada reksadana pendapatan tetap relatif rendah dibandingkan dengan investasi pada instrumen keuangan secara langsung.

Hal-hal lain yang perlu diketahui

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, terdapat beberapa hal lain yang perlu diketahui tentang reksadana pendapatan tetap, yaitu:

Risiko investasi

Meskipun reksadana pendapatan tetap dianggap sebagai jenis investasi yang relatif aman, namun tetap memiliki risiko. Risiko yang mungkin terjadi adalah risiko kredit (risiko gagal bayar), risiko pasar, dan risiko likuiditas.

Keuntungan yang didapat tidak pasti

Walaupun reksadana pendapatan tetap memberikan keuntungan yang stabil dan pasti, namun keuntungan yang akan didapat tidak bisa dipastikan. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi

Demikian informasi seputar pengertian manfaat dan hal lain yang perlu diketahui dari reksadana pendapatan tetap.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR