Meditasi Sebelum Tidur, Jenis, dan Manfaatnya

29 Jan 2023 15:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi praktik meditasi sebelum tidur. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Meditasi sebelum tidur dipercaya sebagai metode untuk membuat tubuh lebih rileks. Cara ini juga bisa membantu kamu yang memiliki masalah dalam kualitas tidur atau kesulitan tidur.

Melanisr dari artikel “A Comparison of Mindfulness-Based Stress Reduction and an Active Control in Modulation of Neurogenic Inflammation” yang diterbitkan National Library of Medicine lewat laman pubmed.ncbi.nlm.nih.gov, menjelaskan bahwa meditasi sejatinya dapat membantu mengurangi hormon kortisol yang menyebabkan stres. Selain itu meditasi juga dapat meningkatkan kadar melatonin untuk membantu agar bisa tidur nyenyak.

3 Jenis meditasi yang perlu dicoba

  • Guided meditation

Jenis meditasi yang pertama adalah guided meditation. Biasanya meditasi jenis ini menggunakan audio, video, atau kombinasi keduanya. Manfaatnya agar pikiran tetap fokus saat melakukan relaksasi, dan meditasi ini tidak cocok bagi kamu yang merasa terganggu dengan adanya suara dan lebih membutuhkan keheningan untuk bermeditasi sebelum tidur.

  • Body scan and mindfulness meditation

Untuk melakukan meditasi metode body scan and mindfulness meditation ini, kamu hanya perlu menutup mata dan mulai merasakan sensasi apa yang muncul dalam proses tersebut, proses ini mungkin akan sedikit susah namun akan lebih mudah jika kamu sering berlatih. Manfaatnya adalah untuk mengobati insomnia pada orang dewasa.

  • Concentration meditation

Jenis meditasi yang terakhir bisa dimulai dengan menggunakan subjek berupa fisik, visual, aural, atau mental, contohnya suara laut atau lilin yang berkedip, manfaat dari jenis meditasi satu ini dapat membantumu mengatasi overthinking.

Manfaat melakukan meditasi

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan meditasi sebelum tidur, yaitu sebagai berikut:

Menghilangkan stres

Meditasi dapat membantu kamu mengurangi produksi hormon kortisol dan menyeimbangkan gelombang otak yang mengakibatkan stres. Jika stres dibiarkan maka akan berakibat menjadi penyakit kronis seperti diabetes, darah tinggi hingga jantung. 

Kualitas tidur semakin meningkat

Jika kamu rutin melakukan meditasi sebelum tidur maka produksi melatonin dalam tubuh akan mengikat. Hormon ini akan mengatur siklus tidur kamu agar tidak mudah terbangun cepat pada malam hari. 

Membuat tubuh lebih rileks

Meditasi memiliki manfaat mengurangi ketegangan tubuh dan dapat menghindari dari pikiran-pikiran yang mengganggu. Biasanya tubuh yang rileks akan lebih mudah menjalankan fungsinya dengan optimal. 

Demikian penjelasan tentang manfaat dan jenis-jenis yoga sebelum tidur. Semoga bermanfaat untuk masalah kesehatan yang kamu hadapi. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER