Melihat Proses Pembuatan Mural Truk di Pasarmalem GBK

4 Maret 2023 21:03 WIB

Narasi TV

Beberapa seniman membuat mural di truk dalam rangkaian acara Pasarmalem Narasi. Sumber: Doc. Narasi.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Kamu pasti tidak asing dengan gambar atau lukisan unik yang ada di bak truk. Mural ini bisa menyerupai foto publik figur, quotes, kartun, dan lain sebagainya. Tapi, pernah tidak sih kamu melihat proses pembuatan mural tersebut?

Mural adalah kegiatan menggambar atau melukis dengan menggunakan dinding, tembok, atau media luas lain bersifat permanen. Di Pasarmalem, kamu bisa melihat aksi mural di atas media truk.

Mural berbeda dengan graffiti. Graffiti biasanya sebatas komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menulis kata, simbol, atau kalimat. Lain halnya dengan mural yang bisa lebih bebas dan luas dalam menggambar.

Lalu, bagaimana proses membuat mural di badan truk?

  1. Siapkan peralatan mural yaitu kuas. Dari berbagai jenis kuas, pilih jenis kuas yang memang kamu butuhkan untuk melukis.
  2. Pilih konsep gambar sesuai yang kamu inginkan.
  3. Pilih warnanya berdasar pola dominan, dalam hal ini adalah pola dominan pada truk. 
  4. Siapkan lantai atau benda keras untuk lukisan. Kamu juga harus menyingkirkan tempat saklar dan stopkontak listrik.
  5. Amplas dan bersihkan media truk yang akan dilukis. Dengan diamplas terlebih dulu, maka pori-pori dinding akan mengecil sehingga cat dapat menyerap dengan baik dan mural lebih tahan lama.
  6. Cat dinding truk dengan lapisan cat dasar jika truk belum pernah dicat, ada tambal, atau warna lukisanmu nantinya akan lebih gelap.
  7. Celupkan roller dalam cat untuk mengisi area tengah atau area lain yang belum dicat.
  8. Gulung cat ke dinding membentuk huruf “W” atau “M”. Biarkan cat mengering beberapa jam.
  9. Gambar sesuai bentuk yang diinginkan.

Seluruh proses membuat mural ini berlangsung super seru dan menyenangkan dii permainan Pasarmalem pada Sabtu, 4 Maret 2023 di Plaza Barat Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

Selain melihat mural, kamu juga bisa mencoba permainan lain di Pasarmalem seperti lempar gelang, capit-capit, basket mini, lempar panah ke botol, naik banteng, mancing botol, dan tutup kaleng. Berbagai wahana pun bisa kamu coba untuk menambah pengalamanmu di sini.

Pasarmalem adalah sebuah event dari Narasi dipersembahkan oleh Grab OVO didukung oleh Tri dan Le Minerale.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR