Mengenal Karakter ISFJ Kelebihan dan Juga Kekurangannya

4 Jan 2023 16:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi tes kepribadian oleh ahli, termasuk kepribadian ISFJ. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi kamu yang pernah mengikuti tes Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) pasti sudah tidak asing lagi dengan ISFJ singkatan dari Introvert, Sensing, Feeling, and Judging. Biasanya orang dengan karakter ini lebih perasa dan introvert. Penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang ISFJ, berikut simak pembahasan lengkapnya.

Pengertian ISFJ

Introvert, Sensing, Feeling, and Judging atau ISFJ adalah 16 tipe kepribadian MBTI yang dikembangkan oleh Isabel Briggs Myers dan Katharine Briggs. Dilansir dari laman The Career Project, orang dengan karakter ISFJ sering kali mendapat julukan “sang pelindung” dan “sang pemelihara”. Sikapnya yang tulus dan setia akan membantunya melayani orang lain dengan baik. Sikap suka melayani itulah yang membuat ia cenderung ingin berkontribusi di masyarakat.

Mengutip data Center for Applications of Psychological Type, hanya 9-14% saja dari populasi di Amerika Serikat yang memiliki tipe kepribadian ISFJ. Jadi tidak heran hanya sedikit saja orang yang memiliki karakter satu ini.

Karakter ISFJ

Untuk mengenal lebih lanjut berikut adalah karakter umum yang dimiliki seseorang yang memiliki kepribadian ISFJ, berikut penjelasan karakternya:

Peduli

Meskipun seorang ISFJ adalah introvert tapi kepedulian mereka terhadap orang lain membuat orang sekitarnya nyaman dan aman di samping mereka.

Terstruktur

Mereka memiliki pribadi yang teliti, serius, bertanggung jawab, dan suka bekerja keras, mereka juga sangat pandai dalam membuat rencana untuk masa depan.

Perfeksionis

Selain terstruktur, kepribadian satu ini memiliki karakter perfeksionis di mana setiap pekerjaan yang mereka kerjaan melebihi standar orang lain.

Sensitif

Meskipun karakter luar terlihat pendiam dan gigih, mereka memiliki sikap sensitif terhadap perubahan dan konflik sekitar.

Penyuka Fakta

Mereka akan lebih percaya pada suatu hal jika sudah pernah melakukan atau pernah mengalaminya sendiri.

Kelebihan dan kekurangan ISFJ

Setiap kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan ISFJ. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karakter ISFJ:

Kelebihan

  • Terorganisasi dan terperinci.
  • Peka.
  • Pendukung yang baik
  • Pendengar yang baik.
  • Berpengetahuan luas.
  • Kemampuan belajar yang baik
  • Detail
  • Dapat diandalkan
  • Memiliki empati yang sangat tinggi
  • Dapat  dipercaya
  • Pekerja keras

Kekurangan

  • Sensitif terhadap kritik
  • Pemalu
  • Memiliki gaya komunikasi pasif
  • Terlalu mementingkan perasaan orang lain
  • Kurang berani mengambil resiko
  • Susah mengungkapkan perasaan atau pendapat
  • Kaku

Karier yang pas untuk kepribadian ISFJ

Seseorang dengan kepribadian ISFJ cenderung cocok untuk pekerjaan yang memerlukan perencanaan jangka panjang, struktur, dan perhatian terhadap detail penting. Berikut adalah karier yang pas untuk seorang ISFJ:

Guru

Dengan kepribadian yang penyayang dan peka terhadap sekitar, guru menjadi profesi atau karir yang pas untuk seorang ISFJ karena mereka harus memiliki sikap telaten dan sabar menghadapi karakter siswa yang beragam

Akuntan

Memiliki sikap kepribadian yang teliti, seorang ISFJ sangat cocok dengan dunia keuangan khususnya akuntansi. Ditambah mereka sangat detail dalam pengerjaan hal-hal kecil secara akurat dan benar.

Perawat

Sifat peduli dari seorang ISFJ membuat mereka cocok sebagai perawat. mereka juga sensitif dan empati, sehingga mudah memahami situasi seseorang.

Pekerja sosial

Perhatian besar yang mereka miliki, membuat banyak ISFJ menjadi sukarelawan atau pekerja sosial. ISFJ senang membantu orang lain, meski sifat introvert mereka terkadang membuat mereka bosan bertemu orang.

Pegawai bank

Sama seperti akuntan, seorang pegawai bank juga perlu ketelitian dalam mengerjakan pekerjaan.

Data scientist

Data Scientist adalah salah satu pekerjaan yang tepat untuk seorang ISFJ karena mereka memiliki karakter teliti dan perfeksionis, mereka juga  kemampuan untuk mengamati dan mencari yang baik.

 

Demikian penjelasan tentang ISFJ. Bagaimana, apa kamu tergolong ke dalam kepribadian ini?

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER