Mengenal Love Language, Jenis dan Cara Mengetahuinya

5 Jun 2024 21:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi bahasa cinta dari sepasang kekasih. Sumber: Freepik.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Love language atau bahasa cinta adalah preferensi seseorang dalam menjalin hubungan dengan seseorang. Hubungan tersebut tidak harus dengan kekasih, namun bisa teman, sahabat, hingga keluarga. 

Sebagai contoh apabila seseorang memiliki love language berupa act of service, maka orang tersebut gemar membantu orang lain meskipun dalam urusan yang sederhana, seperti membuka tutup botol misalnya. Berikut penjelasan tentang jenis-jenis love language serta tes yang bisa dilakukan untuk mengetahui kecenderungan love language-mu.  

  • Jenis Love Language

Manusia memiliki lima jenis bahasa cinta yang dapat ditunjukkan dalam sebuah hubungan. Uniknya bahasa cinta tersebut acap kali berbeda antara satu dengan yang lainnya, bahkan dengan pasangan sendiri. Berikut adalah lima jenis bahasa cinta.

  • Act of Service

Daripada menunjukkan kasih sayang dengan kata-kata, seseorang yang memiliki bahasa cinta berupa  act of service lebih menyukai untuk mengekspresikan rasa sayangnya melalui tindakan. Tindakan tersebut dapat berupa tindakan sederhana hingga besar, seperti membuka tutup botol, mengantarkan pergi, hingga membuatkan sarapan.

  •  Quality Time

Menurut banyak orang, seseorang yang memiliki bahasa cinta quality time akan kesulitan ketika menjalin hubungan asmara secara jarak jauh atau ldr. Hal tersebut karena seseorang yang memiliki bahasa cinta beruapa quality time akan lebih bahagia dan merasa dicintai apabila menghabiskan waktu bersama dengan yang terkasih.

  • Physical Touch

Kontak fisik yang terjadi bagi orang yang memiliki bahasa cinta physical touch dapat berupa hal-hal yang sederhana, contohnya seperti mengelus kepala, berpegangan tangan, hingga mengusap pipi pasangan. 

  • Receiving Gifts

Bahasa cinta yang satu ini kerap disalahpahami sebagai bentuk perilaku materialistis. Namun, nyatanya bagi orang yang memiliki bahasa cinta receiving gifts, hadiah yang diharapkan atau diinginkan tidak harus berharga mahal, selama barang yang diberikan benar-benar tulus dan pantas, maka orang tersebut akan bahagia. 

  • Words of Affirmation

Bahasa cinta yang terakhir adalah words of affirmation. Kebalikannya dari act of service yang gemar melakukan tindakan, seseorang yang memiliki bahasa cinta words of affirmation lebih menyukai untuk mengungkapkan rasa sayangnya melalui kata-kata manis. 



Test Love Language

Untuk mengetahui bahasa cinta yang dimiliki, seseorang dapat  melakukan tes online terkait dengan hal tersebut. Berikut cara melakukan tes bahasa cinta melalui https://5lovelanguages.com/

Dalam situs ini, seseorang diwajibkan untuk menjawab 31 pertanyaan yang terdiri dari 2 pilihan jawaban. Berikut cara  melakukan tes love language melalui 5languages.com: 

  1. Buka laman https://5lovelanguages.com/
  2. Pilih menu Quizzes dan pilih opsi Love language
  3. Klik start the quiz
  4. Setelah berhasil menjawab seluruh pertanyaan, https://5lovelanguages.com/ akan menampilkan hasil tes yang berupa persentase dan penjelasan. Apabila ingin mengunduh hasil test, maka tekan ‘print’. 

Demikian penjelasan terkait love language. Silakan lakukan tes tersebut jika kamu penasaran, bahasa cinta apa yang benar-benar kamu sukai.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER