Mengenal No Selfies Day yang Dirayakan Setiap 16 Maret

16 Maret 2023 08:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi dua orang yang berselfie. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Setiap tanggal 16 Maret, warga Amerika Serikat memperingati National No Selfies Day atau Hari Nasional Tanpa Swafoto. 

Mengambil foto diri sendiri atau kerap disebut swafoto (selfie) menjadi hal yang seolah tak terpisahkan bagi anak muda. Mereka biasanya mengambil swafoto ketika berada di momen-momen khusus. Namun, tidak sedikit juga yang menjadikan swafoto sebagai kebiasaan sehari-hari. 

Kecanggihan teknologi memudahkan orang untuk mengambil swafoto. Dengan ponsel pintar di genggaman, siapa saja dapat berswafoto kapan pun dan di mana pun.

Sejarah No Selfies Day

Tidak ada catatan khusus tentang siapa sebenarnya penggagas No Selfies Day atau kapan hari ini pertama kali dirayakan. Namun, terdapat fakta menarik berkaitan dengan No Selfies Day

Tanggal 16 Maret merupakan hari ulang tahun Philippe Kahn. Ia dikenal sebagai seseorang yang pertama kali menciptakan kamera untuk ponsel, tepatnya pada tahun 1997. 

Meski demikian, hal ini dianggap sebagai kebetulan belaka. 

Momen untuk refleksi diri

Riset yang diprakarsai oleh Dove Self-Esteem Project dalam teenvogue.com menunjukkan bahwa rata-rata perempuan menghabiskan 1 jam 24 menit untuk persiapan mengambil swafoto setiap pekannya. Dalam laporannya, forbes.com menulis, “Fenomena selfie menyingkap hasrat mendasar manusia—untuk merasa diperhatikan, diapresiasi, dan dikenali.”

Adiksi terhadap swafoto berkaitan dengan budaya bermedia sosial yang menampilkan ilusi-ilusi keindahan dan kesempurnaan. Media sosial memberi tekanan kepada generasi muda untuk selalu tampil sempurna sesuai dengan standar kecantikan tertentu. 

Lamanya waktu yang terbuang untuk mengambil swafoto tentunya dapat digunakan untuk melakukan hal lain. Di Hari Tanpa Swafoto, seseorang dapat mengalihkan fokusnya dari media sosial ke kehidupan nyata. Aktivitas mengambil dan mengedit swafoto dapat diganti dengan refleksi diri atau melakukan hal-hal yang lebih produktif. 

Cara merayakan No Selfies Day

No Selfies Day dapat dirayakan dengan berbagai cara, antara lain:

  1. Jauhkan diri dari kamera dan internet. Bebaskan diri dari media sosial dan lakukan aktivitas-aktivitas menyenangkan di dunia nyata.
  2. Gunakan kamera ponsel untuk mengambil gambar-gambar pemandangan atau objek lain yang menarik perhatian.
  3. Eksplorasi teknik-teknik fotografi dan fitur-fitur yang ada pada kamera ponsel.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR