Mengenal Self Love dan Ucapkan #TerimaKasihDiri untuk Berdamai dengan Diri Sendiri

16 Mar 2023 08:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi perempuan yang mengungkapkan rasa cinta pada dirinya sendiri. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Self love atau mencintai diri sendiri bukan hanya sekadar istilah yang sering kita temui di media sosial maupun dunia nyata. Lebih dari itu, self love juga berarti berdamai dengan diri sendiri tanpa harus merasa insecure dengan orang lain.

Self love adalah mencintai diri sendiri dengan menyadari, menghargai, percaya diri, dan peduli terhadap diri sendiri. Proses ini memang tidak mudah. Namun, self love penting untuk membuat kita lebih jernih dan tenang dalam menghadapi masalah.

Perlu diketahui bahwa self love berbeda dengan narsisme. Narsisme berarti perilaku mencintai diri sendiri secara berlebihan, egois, dan menganggap dirinya paling benar. 

Hal tersebut tentu bertentangan dengan self love yang justru menghargai diri sendiri, berusaha untuk bisa berteman dengan diri sendiri, serta menjadi lebih baik untuk dirinya dan orang lain.

Aspek self love

Keempat aspek dalam self love di antaranya:

  • Self awareness

Di sini, seseorang diajak untuk sadar akan proses berpikirnya. Proses tersebut mengedepankan bagaimana pikiran dapat memengaruhi emosi, kognitif, dan tindakan individu.

Dengan menerapkan self awareness, kamu dapat terhindar dari situasi kurang nyaman. Self awareness bisa kamu lakukan dengan membuat diary atau catatan harian. Di sana, kamu bisa meluapkan perasaan atau pikiran secara bebas.

  • Self worth

Self worth berarti keyakinan tentang diri sendiri. Kamu diajak untuk menyadari bahwa dirimu berharga, terlepas dari pencapaian dan kualitas hidup. Dirimu berharga lebih dari apapun.

  • Self esteem

Self esteem menempatkanmu pada perasaan puas dan nyaman dengan dirimu sebenarnya. Aspek ini tentu berbeda dengan self worth. Hal ini dikarenakan self esteem berkaitan dengan kualitas dan pencapaian seseorang.

  • Self care

Aspek selanjutnya adalah self care yang berarti tindakan untuk menjaga kesehatan diri.

Berdamai dengan ketidaksempurnaan

Kamu pasti tidak asing dengan standar kecantikan yang berkembang di masyarakat. Standar kecantikan ini memang berubah seiring perkembangan zaman. Namun, inti standar kecantikan ini tetap sama: perempuan berkulit putih, mulus, dan ramping.

Standar kecantikan ini seolah menuntut perempuan untuk tampil sempurna tanpa cacat cela. Belum lagi jika ia adalah seorang jobseeker, kemudian melihat bagian persyaratan melamar pekerjaan yaitu “berpenampilan menarik” atau “good looking”.

Padahal, perempuan diciptakan dengan kelebihannya masing-masing. Tidak perlu mengubah apa yang sudah diciptakan hanya untuk mengikuti tren kecantikan atau standar masyarakat.

Dengan menumbuhkan self love, maka perempuan dapat lebih menghargai apa yang ia miliki tanpa perlu merasa insecure dengan orang lain. Perempuan yang sudah menerapkan self love tidak akan menyakiti dirinya dengan mengikuti tren yang membuat tersiksa atau kehilangan jati dirinya.

Cara meningkatkan self love

Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan self love:

  • Mengenali diri sendiri dengan menerima kelebihan dan kekurangan
  • Sadar akan kemampuan yang dimiliki
  • Merawat diri dengan baik
  • Memaafkan setiap kegagalan dan pengalaman buruk dalam hidupmu
  • Memiliki tujuan hidup yang ingin dicapai

Selain itu, kamu juga bisa mengikuti acara Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM) Seri Perempuan. Acara ini diselenggarakan oleh Narasi pada hari Sabtu, 18 Maret 2023 di Chillax, Sudirman, Jakarta Pusat.

IBAM Seri Perempuan akan mengajakmu lebih mencintai diri, toleran, dan menyadari bahwa dirimu berharga. Kamu juga bisa mengucapkan #TerimaKasihDiri karena bisa bertahan dan berjuang sampai sejauh ini.

Di acara ini, kamu bisa merasakan pengalaman di Ruang Inspirasi, Ruang Berbagi, dan Ruang Rasa. Tunggu apa lagi, sampai jumpa di acara IBAM Seri Perempuan Sabtu mendatang ya!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER