Sering Luput Pembahasan, Skinny Shaming Juga Termasuk Body Shaming

15 Maret 2023 10:03 WIB

Narasi TV

Perempuan dengan tubuh kurus. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Tidak hanya orang-orang yang memiliki tubuh berisi atau gemuk saja yang sering terkena body shaming, mereka yang memiliki tubuh kurus juga demikian. Inilah yang disebut dengan skinny shaming.

Body shaming adalah tindakan menghina atau mengejek bentuk tubuh seseorang sehingga dapat menyebabkan orang tersebut merasa malu. Contoh body shaming adalah mengejek seseorang yang memiliki bentuk tubuh tidak sesuai standar ideal, berjerawat, dan lain sebagainya. 

Pada dasarnya, body shaming dibagi menjadi dua yaitu fat shaming dan skinny shaming. Fat shaming menyasar orang berbadan gemuk dan termasuk ejekan yang paling sering kita dengar. Sedangkan skinny shaming menyasar orang berbadan kurus.

Kurus bukan standar kecantikan

Sejak dulu, orang-orang khususnya perempuan selalu dituntut untuk tampil sempurna sesuai standar masyarakat. Hingga kini, standar kecantikan masyarakat tidak berubah: perempuan berkulit putih dan bertubuh ramping.

Inilah yang membuat seseorang bertubuh kurus pun tetap terkena body shaming. Mereka dianggap tidak pernah makan, kurang memperhatikan asupan makanan, hingga mengalami gangguan kesehatan.

Oleh karena itu, seharusnya bentuk dan ukuran tubuh tidak lagi menjadi tren. Hal ini karena tren bersifat datang dan pergi. Jika kita sampai mengubah tubuh karena tren, maka itu belum tentu berdampak baik bagi tubuhmu.

Baik kurus maupun gemuk, yang terpenting adalah menjaga tubuh kita tetap sehat agar tidak mudah sakit.

Dampak skinny shaming

Body shaming tentu berdampak negatif bagi orang yang menjadi korban. Tidak hanya berlaku bagi fat shaming, skinny shaming pun bisa mengalami dampak yang sama buruknya. Beberapa dampak skinny shaming di antaranya:

  • Memicu korban mengalami depresi
  • Korban mengalami kecemasan
  • Kehilangan rasa percaya diri
  • Meningkatkan risiko gangguan makan
  • Menyakiti diri sendiri
  • Memicu keinginan untuk bunuh diri

Cara mencegah skinny shaming

Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tidak menjadi skinny shamer alias mengejek orang yang bertubuh kurus:

  • Batasi pembicaraan agar tidak mengomentari tentang fisik dan penampilan seseorang.
  • Cari topik pembicaraan lain yang lebih menyenangkan dan menarik selain membahas fisik.
  • Jika ingin mengomentari tubuh seseorang, jangan lakukan di depan umum. Bicarakan baik-baik kepada orang yang bersangkutan dengan kalimat yang tidak menyakiti hati atau menyinggung.

Jika ada orang lain yang melakukan skinny shaming, ingatkan dia agar tidak melakukannya lagi.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR