Mengenal Split Payment, Solusi Bagi yang Sering Lupa Cek Isi Dompet

26 Jan 2023 11:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi transaksi pembayaran di kasir. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Split payment adalah fitur yang mampu membuat pengguna menggunakan sumber atau metode pembayaran berbeda untuk menyelesaikan satu transaksi keuangan.

Fitur split payment adalah bentuk kemajuan teknologi yang mampu mengubah dunia finansial menjadi lebih dinamis. Fitur ini dapat memberikan keuntungan bagi pembeli maupun pengusaha karena transaksi menjadi lebih mudah.

Contoh Split Payment

Contoh split payment adalah sebagia beirkut: seorang karyawan ingin membeli laptop seharga 8 juta rupiah, namun hanya memiliki dana 5 juta saja. Maka dengan fitur split payment, kamu bisa membayar secara cash sebesar 5 juta dan 3 juta dapat dicicil dengan kredit. 

Atau contoh yang lebih dekat dengan kita, yaitu ketika kita akan membayar sejumlah Rp 120.000. Dengan fitur split payment, kamu bisa membayar cash sejumlah Rp 80.000 dan sisanya Rp 40.000 dapat ditransfer menggunakan dompet digital anda seperti OVO atau Gopay.

Fitur split payment sebenarnya mendorong agar konsumen mau mengeluarkan uangnya. Hal ini dikarenakan tidak semua konsumen memiliki kemampuan membayar yang sama sehingga fitur ini memudahkan bagi para pembeli. Bagi pembeli yang tidak bisa membayar seluruhnya dengan tunai dapat mencicil sisanya dengan kredit. Atau ketika uang cash yang kita bawa kurang, kita dapat membayar sisanya melalui dompet digital atau rekening bank kita. 

Namun, tidak semua pihak menggunakan metode split payment ini karena metode auditnya yang lebih rumit dibandingkan dengan pembayaran satu metode saja. Metode split payment saat ini hanya dapat ditemukan di toko-toko online maupun e-commerce. Hal ini dikarenakan baik toko online maupun e-commerce memiliki sistem mumpuni yang terintegrasi antarmetode pembayaran. Hal ini tentu berbeda dengan toko konvensional atau warung makan yang tentu akan mengalami kesulitan jika menerapkan metode ini.

Keuntungan Split Payment

Bagi pebisnis, metode split payment ini sangat menguntungkan karena mampu menambah jaringan bisnis. Saat ini, para reseller dan distributor menggunakan metode ini karena kemudahan pembayaran yang ditawarkan sehingga mampu memperlancar bisnis antara kedua pihak. 

Benefit lain dari sistem ini adalah mampu mengoptimalkan penjualan karena dengan semakin mudahnya sistem pembayaran akan mendorong konsumen untuk mendapatkan produk.

Di sisi lain, bagi konsumen, metode ini sangat memudahkan karena dengan banyaknya metode pembayaran yang dapat digunakan, maka konsumen akan semakin mudah untuk mendapatkan barang yang diinginkannya. 

Split payment juga memudahkan kita untuk mengatur keuangan, di mana untuk mendapatkan barang tidak perlu lagi membayar keseluruhan di muka dan dapat mencicil sesuai dengan kemampuan konsumen. Selain itu, split payment juga memudahkan untuk patungan bersama orang lain jika menginginkan barang yang sama. 

Beberapa negara telah menerapkan metode ini di restoran sehingga ketika sedang makan bersama dengan teman atau keluarga, tidak ada lagi drama hitung-hitung tagihan atau saling tunjuk "bayarnya pake uang siapa dulu nih?"

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER