10 Tips Hubungan Tetap Harmonis Meski Terpisah Jarak

18 Nov 2023 15:11 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi pasangan yang menjalani LDR sedang berkomunikasi via video call. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR) seringkali membuat seseorang merasa tak siap. Ia harus berpisah jarak dengan pasangan. Di sinilah hubungan keduanya akan diuji. Lantas, bagaimana tips menjaga hubungan tetap harmonis ketika LDR?

Bukan hal yang mudah bagi pasangan untuk menjalani hubungan jarak jauh. Terlebih jika selama ini kalian sering menghabiskan waktu bersama. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa suatu saat kalian akan dihadapkan pada situasi tersebut.

Kunci hubungan LDR adalah komunikasi, kesabaran, dan rasa saling percaya. Wajar jika kamu merasa kesepian karena jauh dari pasangan. Kendati begitu, kamu tetap bisa menjalani hari dengan ceria dan bahagia meski terpisah jarak dan waktu.

Berikut ini beberapa tips menjaga hubungan tetap harmonis ketika LDR:

  • Saling menyapa lewat pesan

Saling mengucapkan selamat pagi sebelum beraktivitas dan selamat malam sebelum tidur nyatanya dapat membuat hubungan tetap harmonis. Sesekali luangkan waktu untuk menelepon atau video call sebelum beraktivitas. Dengan begitu, kalian bisa menjalani hari dengan semangat dan menyenangkan.

  • Ketahui jadwal masing-masing

Mengetahui jadwal masing-masing dapat menghindarkanmu dari rasa penasaran dan curiga. Selain itu, mengetahui jadwal pasangan juga berguna untuk membuat kesepakatan kapan waktu berkomunikasi, bekerja, dan beristirahat. 

  • Hindari melakukan sesuatu yang dibenci pasangan

Untuk meminimalisir pertengkaran, ada baiknya kamu menghindari melakukan sesuatu yang dibenci pasangan. Misalnya, pasangan tak suka kamu pergi berdua dengan lawan jenis. Maka, sebisa mungkin hindari aktivitas tersebut. Jika terpaksa harus melakukannya, coba jelaskan dan yakinkan pasangan bahwa kalian akan bertindak secara profesional.

  • Jujur dan terbuka satu sama lain

Salah satu kunci menjalani hubungan jarak jauh adalah jujur dan terbuka satu sama lain. Katakan apa yang kamu rasakan selama menjalani LDR. Tanyakan juga pendapat pasangan. Dengan begitu, kalian akan menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Kenalkan lingkungan pertemanan

Kamu juga bisa memperkenalkan siapa saja teman-teman di sekitarmu. Hal ini untuk meminimalisir kecurigaan atau rasa cemburu pasangan. Jika terjadi sesuatu, pasangan juga tahu siapa yang harus dihubungi untuk memastikan keadaanmu.

  • Berikan kejutan

Siapa yang tidak suka diberi surprise? Pasangan LDR pasti sangat menyukai kejutan. Tak harus memberi barang-barang mewah, cukup dengan membelikan pasanganmu makanan yang disukai melalui ojek online.

  • Jangan terlalu sering menghubungi

Meski komunikasi menjadi hal yang penting dalam menjalani LDR, tetapi kamu juga harus memperhatikan waktu dan kondisi. Ingat bahwa kalian memiliki kesibukan yang berbeda. Jangan sampai komunikasi berlebihan justru mengganggu aktivitas masing-masing.

  • Agendakan untuk bertemu

Hal terpenting lainnya dalam hubungan LDR adalah waktu bertemu. Sempatkan waktu untuk saling mengunjungi. Bertemu tatap muka adalah cara terbaik untuk melepas rindu.

  • Beri waktu sendiri

Pacaran bukan berarti kamu dan pasangan tak memiliki waktu untuk diri sendiri. Pastikan kalian memiliki waktu luang untuk me time dengan kegiatan yang disukai. Jangan lupa untuk mengatakan lebih dulu kepada pasangan agar tak menimbulkan prasangka buruk.

  • Berpikir positif

Terakhir adalah berpikir positif agar hidupmu lebih bahagia. Tumbuhkan rasa percaya kepada pasangan sehingga kenyamanan pun dapat terwujud.

Itu tadi beberapa tips menjaga hubungan tetap harmonis ketika menjalani LDR. Semangat bagi pejuang hubungan jarak jauh.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER