Mentan dan Menpora Terlibat Masalah Hukum, Apakah Jokowi akan Merombak Kabinet?

2 Oktober 2023 08:10 WIB

Narasi TV

Presiden Joko Widodo (kanan) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin tiba saat menghadiri acara Istana Berbatik di depan Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (1/10/2023). Perhelatan yang melibatkan 500 orang dalam peragaan busana batik mulai dari pejabat negara, petinggi kementerian/lembaga dan BUMN, perwakilan kerajaan-kerajaan nusantara hingga para duta besar tersebut untuk memperingati Hari Batik Nasional yang diperingati setiap 2 Oktober. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Isu perombakan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai terdengar seiring persoalan hukum yang melibatkan dua menteri yakni Menteri Pertanian serta Menteri Pemuda dan Olahraga.
 
Saat ditanya wartawan mengenai hal tersebut usai menghadiri acara Istana Berbatik di depan Istana Merdeka Jakarta, Minggu malam, ekspresi wajah Presiden tampak berubah serius.
 
Presiden yang tadinya sedang menjelaskan mengenai acara Istana Berbatik, saat mendengar pertanyaan soal reshuffle, terlihat menggelengkan kepala serta sempat mengernyitkan dahi.
 
Presiden Jokowi lalu balik bertanya kepada jurnalis mendapat informasi itu dari mana.
 
"Dengar dari mana?" tanya Jokowi dikutip Antara.
 
Ia lalu menunduk dan tidak menjawab kebenaran isu tersebut dan melayani pertanyaan lain dari awak media.
Seperti diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menggeledah rumah dinas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait dugaan korupsi di Kementerian Pertanian, hingga muncul kabar politikus NasDem itu telah ditetapkan sebagai tersangka.
 
Selain Syahrul, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo juga disebut menerima aliran dana korupsi infrastruktur base transceiver station (BTS) 4G, senilai Rp27 miliar yang sedang ditangani Kejaksaan Agung.
 
Dua peristiwa itu menuai dugaan publik atas akan dilakukannya perombakan kabinet di dalam pemerintahan Jokowi.
Sumber: Antara

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR