Acara Istana Berkebaya: Melihat Para Perempuan Inspiratif Melenggang di Catwalk Istana

7 Agustus 2023 18:08 WIB

Narasi TV

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana membuka peragaan busana Istana Berkebaya, Mnggu (06/08/2023), di depan Istana Merdeka, Jakarta. Sumber: setgab.go.id.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Acara Istana Berkebaya hadirkan para menteri, artis, hingga influencer untuk melenggang di atas catwalk mengenakan kebaya terbaiknya. Acara ini sekaligus mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya Indonesia, salah satunya adalah dengan mengenakan kebaya.

Jajaran Menteri Wanita, Wakil Menteri Wanita, dan Wantimpres ikut menunjukkan kebolehannya mengenakan kebaya encim dari Betawi. Jajaran menteri ini mulai dari Retno Marsudi, Sri Mulyani, Siti Nurbaya Bakar, Ida Ayu Fauziyah, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, serta Angela Tanoesoedibjo.

Selain jajaran menteri, ada pula Duta Besar Wanita dan Istri Duta Besar Negara Sahabat, Menteri Wanita, Wakil Menteri Wanita, dan Wantimpres, Pemprov DKI Jakarta, Perwakilan BTN, BNI, dan Istri Dirut BUMD, dan Perwakilan Kementerian Dalam Negeri. 

Selanjutnya ada pula dari None Jakarta, Puteri Indonesia, Sobat Kebaya dan Komunitas Perempuan Berkebaya, Sixers Berkebaya, dan pelajar SMK asal DKI Jakarta. Mereka berjalan dengan penuh percaya diri di atas catwalk sepanjang 200 meter.

Tak mau kalah, ada pula jurnalis perempuan yang ikut melenggang di atas catwalk. Mereka adalah Najwa Shihab, Desi Anwar, Petty Fatimah, Ninuk Mardiana Pambudy, Kania Sutisnawinata, dan Maria Benyamin. 

Acara dilanjutkan dengan peragaan busana karya desainer Indonesia. Busana kebaya tersebut mulai dari rancangan Rita Rose, Batik Chic, Roemah Kebaya, hingga BIN House.

Setelah peragaan busana dari masing-masing kelompok, sebanyak 401 perempuan berkebaya ini kembali melenggang di atas panggung diiringi penampilan Bunga Citra Lestari. Mereka memberikan salam penutup kepada Presiden Joko Widodo sebagai akhir pertunjukan.

Tentang Istana Berkebaya

Acara Istana Berkebaya digelar pada Minggu (6/8/2023) di ruas Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta. Acara ini menjadi rangkaian Perayaan HUT RI Ke-78 yang diinisiasi oleh Pemprov DKI dan Kementerian Sekretariat Negara.

Sebelum acara dimulai, Presiden Jokowi memberikan sambutan bersama Iriana Jokowi. Terlihat Presiden Jokowi mengenakan setelan Baju Sadaria yang tampak cocok dengan Iriana yang mengenakan kebaya encim khas Betawi.

“Kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia, yang anggung, yang lemah lembut, karakter yang sopan, dan bersahaja,”ujar Presiden Jokowi saat membuka acara Istana Berkebaya.

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono berharap acara ini menjadi perpaduan harmonis antara tradisi dan inovasi sekaligus melestarikan nilai leluhur dan membuka peluang masa depan. Istana Berkebaya ini juga menjadi ajang mendukung desainer lokal dalam memberdayakan industri mode Indonesia.

“Hari ini, kita lanjutkan dengan semangat yang sama, merayakan keindahan dan keberagaman budaya bangsa Indonesia melalui peragaan busana kebaya,”ujar Pj Gubernur Heru Budi Hartono saat memberi sambutan acara Istana Berkebaya, dilansir dari Antara.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR