Arti dan Tanda-Tanda Micro Cheating yang Harus Diwaspadai

13 Maret 2024 18:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi pasangan yang sibuk dengan gadgetnya masing-masing. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Apakah kamu pernah mendengar istilah micro cheating? Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, micro cheating adalah pencurian kecil. Namun, definisinya tidak sebatas itu saja. Apa itu micro cheating dan tindakan yang termasuk di dalamnya?

Micro cheating adalah tindakan kecil yang menunjukkan ketertarikan pasangan kepada orang lain. Micro cheating tentu tidak baik dalam hubungan karena dapat mengindikasikan seseorang untuk berselingkuh. Sebab, micro cheating melakukan tindakan-tindakan yang melewati batas kesetiaan dengan pasangan.

Micro cheating mengacu pada tindakan sederhana yang dilakukan seseorang. Namun, tindakan tersebut dapat merusak hubungan dan menghancurkan kesetiaan dengan pasangan.

Tanda-tanda micro cheating

Sebelum mengenali tanda-tandanya, kamu harus memahami bahwa definisi selingkuh bisa berbeda-beda. Ada pasangan yang menganggap tindakan tertentu adalah wajar, ada juga yang menganggap itu berlebihan.

Berikut tanda-tanda seseorang melakukan micro cheating:

  • Sering memantau media sosial seseorang

Tindakan ini bisa menjadi pintu awal micro cheating. Seseorang bisa saja menatap lama foto orang lain yang bukan pasangan, menyukai unggahan tersebut, sering stalking, hingga mengirim pesan sederhana. Jika orang yang dimaksud merespons, bukan tidak mungkin percakapan itu akan berlanjut dan memicu perselingkuhan.

  • Curhat kepada lawan jenis

Curhat pada lawan jenis juga bisa menjadi tanda awal micro cheating. Apalagi jika ini dilakukan secara terus menerus. Alasannya bisa jadi karena merasa cocok ketika curhat dengan orang tersebut daripada dengan pasangan. Jika ini berlanjut, bukan tidak mungkin perasaan kedua belah pihak bisa berkembang.

  • Mencari orang lain saat ada masalah dalam hubungan

Orang yang melakukan micro cheating cenderung akan mencari orang lain saat ada masalah dalam hubungan. Orang lain yang dimaksud bisa jadi rekan kerja yang menarik atau mantan kekasih. Tindakan ini dilakukan secara terus menerus dan menjadi kebiasaan setiap masalah tersebut datang.

  • Menghabiskan waktu dengan orang lain

Terlalu banyak menghabiskan waktu dengan orang lain yang bukan pasangan juga pertanda micro cheating. Hal ini seringkali tidak disadari dan bisa saja beralasan bahwa itu hanya teman.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR