Bawakan Ulang Kala Sang Surya Tenggelam, Nadin Amizah Hadirkan Kesan Mistis pada Lagu Chrisye

14 November 2023 11:11 WIB

Narasi TV

Poster official music video "Kala Sang Surya Tenggelam" untuk series "Gadis Kretek." Sumber: Netflix.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Serial Gadis Kretek yang tayang di Netflix tengah menjadi topik yang ramai diperbincangkan. Selain para pemerannya yang merupakan aktor dan aktris kawakan, lagu tema atau theme song Gadis Kretek juga menarik perhatian publik. 

Lagu “Kala Sang Surya Tenggelam” milik Chrisye dipilih untuk mengiringi kisah romansa Dasiyah/Jeng Yah (Dian Sastrowardoyo) dan Soeraja (Ario Bayu). Khusus untuk serial Gadis Kretek, lagu itu dibawakan ulang oleh penyanyi Nadin Amizah. 

Kamila Andini selaku sutradara ingin supaya representasi perempuan yang ada dalam cerita juga muncul melalui lagu tema. Hal ini yang mendasari Kamila dalam memilih penyanyi berusia 23 tahun itu untuk membawakan ulang “Kala Sang Surya Tenggelam”.

“Cerita di Gadis Kretek ini kan tentang women empowerment. Ada suara perempuan di lagu temanya. Aku ingin sense of femininity yang kuat untuk merepresentasikan serial ini, dan suara Nadin bisa merepresentasikan itu,” kata Kamila Andini pada konferensi pers yang berlangsung di Jakarta, Jumat (29/9/2023) lalu. 

Sementara itu, “Kala Sang Surya Tenggelam” dipilih sebagai lagu tema karena cocok mewakili kisah kasih yang tak sampai antara Jeng Yah dan Soeraja. 

“Lagu ‘Kala Sang Surya Tenggelam’ ini memiliki cerita, tentang sepasang kekasih yang sedang bingung arah. Ini merepresentasikan kisah dalam serial ini antara Dasiyah (Jeng Yah) dan Soeraja,” lanjutnya. 

Kamila menambahkan bahwa lagu yang dinyanyikan Nadin mampu menghadirkan romansa kedua karakter dalam nuansa yang puitis dan magis.

Tak banyak mengubah aransemen

Untuk menjaga kesan magis dari lagu yang dirilis pada 1978 itu, Nadin Amizah tidak terlalu banyak mengubah aransemen aslinya. 

Dengan gaya bernyanyi mendayu yang menjadi ciri khasnya serta improvisasi di beberapa bagian, Nadin mampu menghadirkan kesedihan mendalam yang dirasakan Jeng Yah dan Soeraja melalui remake “Kala Sang Surya Tenggelam”. 

“Nyanyian saya yang lembut, tenang, dan mengalir ke dalam serial, akan lebih pas. Ini akan membuatnya tidak mendominasi adegan,” tutur Nadin. 

Gadis Kretek diangkat dari novel berjudul sama karya Ratih Kumala. Serial ini bercerita tentang putri bos pabrik kretek, Dasiyah atau Jeng Yah yang berkeinginan untuk menjadi peracik saus kretek. Namun, ia menjumpai berbagai rintangan dalam mewujudkan mimpinya. 

Jeng Yah kemudian bertemu dengan Soeraja yang bekerja di pabrik rokok bapaknya. Keduanya saling jatuh cinta dan berencana untuk hidup bersama di masa depan, tetapi rencana itu pupus usai mereka terseret dalam peristiwa besar dalam sejarah bangsa Indonesia. 

Berpuluh-puluh tahun kemudian, Lebas (Arya Saloka) bersama Arum (Putri Marino) bersama-sama memecahkan misteri di masa lalu yang melingkupi keluarga mereka dan mencari tahu keberadaan Jeng Yah.  

Lirik lagu “Kala Sang Surya Tenggelam”

Surya tenggelam
Ditelan kabut kelam
Senja nan muram
Di hati remuk redam

Malam mencekam
Rembulan sendu rawan
Anak perawan
Menanggung rindu dendam

Jalan berliku dalam kehidupan
Dua remaja kehilangan
Penawar rindu kasih pujaan
Menempuh cobaan

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR