OpenAI Luncurkan ChatGPT Edu, Intip Manfaatnya untuk Sivitas Akademika

7 Juni 2024 12:06 WIB

Narasi TV

REUTERS

Penulis: Afaf El Kurniawan

Editor: Indra Dwi

Pada akhir Mei lalu, OpenAI memperkenalkan ChatGPT Edu, versi khusus dari ChatGPT yang dirancang untuk universitas dengan tujuan penerapan AI yang bertanggung jawab bagi mahasiswa, dosen, peneliti, dan operasional kampus.

Didukung oleh GPT-4o, model bahasa besar terbaru dan tercanggih dari OpenAI, ChatGPT Edu menghadirkan berbagai kemampuan canggih seperti input teks, penglihatan, analisis data, penjelajahan web, dan peringkasan dokumen.

OpenAI memastikan bahwa penawaran ini dilengkapi dengan keamanan dan kontrol tingkat perusahaan serta terjangkau bagi institusi pendidikan.

Fitur ChatGPT Edu

ChatGPT Edu dirancang untuk membantu berbagai tugas operasional kampus, termasuk memberikan bimbingan belajar yang dipersonalisasi, meninjau resume mahasiswa, dan mendukung fakultas dalam penilaian dan masukan.

Untuk tujuan tersebut, ChatGPT Edu dilengkapi dengan beberapa fitur sebagai berikut:

  • Akses ke GPT-4o: Unggul dalam interpretasi teks, pengkodean, dan matematika.
  • Kemampuan Tingkat Lanjut: Meliputi analisis data, penjelajahan web, dan peringkasan dokumen.
  • GPT yang Dapat Disesuaikan: Universitas dapat membuat dan berbagi versi khusus ChatGPT di ruang kerja mereka.
  • Batas Pesan Tinggi: Menawarkan penggunaan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan versi gratis ChatGPT.
  • Dukungan Multibahasa: Mendukung lebih dari 50 bahasa dengan peningkatan kualitas dan kecepatan.
  • Keamanan dan Privasi yang Kuat: Mencakup fitur seperti izin grup, sistem masuk tunggal (SSO), SCIM 1, dan manajemen GPT. Percakapan dan data tidak digunakan untuk melatih model OpenAI.

Implementasi di Universitas Ternama

Pengembangan ChatGPT Edu terinspirasi oleh kesuksesan ChatGPT Enterprise yang telah diterapkan di universitas-universitas ternama seperti University of Oxford, Wharton School of University of Pennsylvania, University of Texas di Austin, Arizona State University, dan Columbia University di City of New York. 

Institusi-institusi ini telah memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman pendidikan dan efisiensi operasional, membuka jalan bagi adopsi AI yang lebih luas di dunia akademis.

Manfaat ChatGPT Edu untuk Universitas

ChatGPT Edu menawarkan berbagai manfaat bagi universitas, termasuk:

  • Meningkatkan Produktivitas: Membantu mahasiswa, dosen, dan peneliti menyelesaikan tugas lebih efisien, seperti menulis makalah, menganalisis data, dan membuat presentasi.
  • Meningkatkan Kualitas Pembelajaran: Memberikan siswa akses ke informasi dan sumber daya yang lebih luas, serta membantu memahami konsep yang kompleks.
  • Memperluas Akses ke Pendidikan: Membantu universitas menjangkau lebih banyak siswa, termasuk mereka yang berada di daerah terpencil atau memiliki keterbatasan fisik.

ChatGPT Edu merupakan inovasi dari OpenAI yang berpotensi besar dalam meningkatkan operasional dan kualitas pendidikan di universitas.

Dengan berbagai fitur canggih dan dukungan keamanan yang kuat, ChatGPT Edu siap membantu universitas dan organisasi nirlaba dalam mengoptimalkan efisiensi dan dampak mereka.

Melalui implementasi yang bertanggung jawab, AI dapat menjadi alat yang sangat berharga dalam mendukung tujuan pendidikan dan sosial di seluruh dunia.

Topik:

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR