Pengacara Richard Eliezer Tak Ajukan Eksepsi: Dakwaan Jaksa Cermat dan Tepat

18 Oktober 2022 12:15

Narasi TV

Terdakwa kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J), Richard Eliezer (Bharada RE atau E) berbincang dengan kuasa hukumnya Ronny Talapessy (kanan) saat akan mengikuti sidang perdana di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (18/10/2022). Bharada E akan menjalani sidang pembacaan dakwaan terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Richard Eliezer mengaku menyesal menembak Brigadir Yosua.

Ronny Talapessy, kuasa hukum Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu  tidak mengajukan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum.

Pernyataan ini disampaikan Ronny usai mendengarkan pembacaan surat dakwaan dari Jaksa Penuntut Umum terhadap kliennya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Mohon izin yang mulia. Pendapat kami terkait dengan dakwaan yang sudah disampaikan oleh tim Jaksa Penuntut Umum ada beberapa catatan dari kami penasihat hukum tetapi kami melihat di sini dakwaannya sudah cermat, sudah tepat dan nanti kami pikir bahwa kami akan sampaikan nanti di pembuktian jadi kami putuskan tidak mengajukan eksepsi,” kata Ronny,  Selasa (18/10/2022).

Ronny juga meminta ke majelis hakim agar para saksi terkait kasus yang menjerat kliennya bisa dihadirkan dalam persidangan dalam tiga hari ke depan.

“Yang kedua sesuai asas peradilan agar cepat, kami mohon kepada yang mulia maupun melalui Jaksa Penuntut Umum untuk menghadirkan saksi bernama Ferdy Sambo, Putri Candrawati, Ricky Rizal Wibowo, dan Kuat Ma’ruf, sesuai asas peradilan cepat kami mohon waktunya tiga hari ke depan,” pinta Ronny.

Majelis hakim memastikan akan memanggil semua saksi tersebut namun tidak dalam waktu dekat ini.

Elizer Menyesal: Saya Tidak Mampu Menolak Perintah Jenderal

Usai sidang Richard Eliezer menyampaikan permohonan maaf kepada keluarga almarhum Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat. 

“Dan untuk keluarga almarhum Bang Yos, bapak, ibu, reza, serta seluruh keluarga Bang Yos saya memohon maaf, semoga permohonan maaf saya ini dapat diterima oleh pihak keluarga,” kata Richard.

Richard juga mengaku menyesal telah menembak Yosua. Ia mengatakan penembakan itu ia lakukan karena tidak bisa menolak perintah Ferdy Sambo.

“Saya sangat menyesali perbuatan saya, namun saya hanya ingin menyatakan bahwa saya hanyalah seorang anggota yang tidak memiliki kemampuan menolak perintah seorang jenderal,” ujar Richard.

Richard juga berdoa semoga almarhum Yosua diterima di sisi Yesus Kristus dan keluarga yang ditinggalkan mendapat kekuatan dan penghiburan.

“Mohon izin sekali lagi saya menyampaikan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya untuk kejadian yang telah menimpa almarhum Bang Yos, saya berdoa semoga almarhum Bang Yos diterima di sisi Tuhan Yesus Kristus,” katanya.

“Tuhan Yesus selalu memberikan kekuatan serta penghiburan buat keluarga almarhum Bang Yos.”

Jaksa Penuntut Umum mendakwa Richard dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

KPK Tahan Hakim Agung Gazalba Saleh

TEKS

Unsur-Unsur Pembunuhan Berencana Ferdy Sambo & Putri Candrawati Sebelum Brigadir Yosua Dieksekusi

TEKS

Kesaksian Richard Eliezer Saat Sambo Skenariokan Pembunuhan Yosua: Memang Harus Dikasih Mati Anak Itu

TEKS

Menghitung Berapa Kali Sambo Menangis di Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

TEKS

Polisi Tangkap Anak yang Aniaya Bapak Lantaran Cekcok Warisan di Majalengka

TEKS

Pakar Kritik Aset Indra Kenz Diserahkan ke Negara, Korban Penipuan Beda dengan Perjudian

VIDEO TERKAIT

18:39

Polisi Temukan Poster Protes RKUHP di TKP Bom Astana Anyar

03:09

Mereka yang Mengidolakan Eliezer dan Sambo

14:33

Kesaksian Eliezer: Pertengkaran Sambo-Putri dan Perempuan di Rumah Bangka

23:41

Ancaman Siklus Gempa Cianjur, Jokowi Minta Bangun Rumah Tahan Gempa

17:15

Korban Gempa Cianjur: 162 Orang Meninggal, Ribuan Warga Mengungsi

01:57

Febri Diansyah, Advokat Istri Sambo: "Tidak Ada Peran Putri sebagai Pelaku"

04:59

Obrolan Brigadir Yosua dengan Pacarnya, Vera: "Ibu Sakit, Aku Dituduh Bikin Ibu Sakit."

18:52

Kepala Polisi Korsel Minta Maaf soal Tragedi Itaewon

18:11

Keberatan Ditolak, Sidang Sambo CS Lanjut ke Tahap Pembuktian

14:35

Rekonstruksi Kasus Kanjuruhan Tanpa Adegan Gas Air Mata ke Tribun

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya