Pengertian Alpha Female, Kekurangan dan Kelebihannya

5 Feb 2023 12:02 WIB

thumbnail-article

Sosok perempuan independen dan percaya diri. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Perempuan alfa atau alpha female adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan tentang seorang perempuan yang memiliki karakter yang kuat, dominan dan tegas. Biasanya para perempuan ini memiliki pemikiran dan tindakan yang dapat memengaruhi orang lain.

Mengutip www.scienceofpeople.com, alpha female adalah istilah untuk menggambarkan seorang perempuan yang memiliki ambisi dan jiwa kepemimpinan. 

Sosok karakter alpha female tentunya bisa dibilang menjadi karakter yang paling diidam-idamkan oleh banyak perempuan karena memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, pesona yang menarik, dan independen.

Mereka juga bukan tipe karakter yang mudah didikte, apalagi dipengaruhi oleh perkataan orang lain terhadap dirinya.

Ingin tahu seperti apa kelebihan dan kekurangan alpha female ini? Yuk temukan jawabannya lewat ulasan berikut: 

Kelebihan alpha female

  • Memiliki impian dan tujuan hidup yang jelas

Seorang alpha female umumnya selalu mempunyai tujuan dan impian hidup yang jelas. Seseorang dengan tipe kepribadiaan satu ini jarang sekali bersikap labil dalam menentukan sesuatu. Mereka akan mendahulukan yang menjadi prioritas utama, kemudian mereka akan menata dan menjadwalkan apa yang perlu dilakukan berikutnya.

  • Memiliki rasa percaya diri yang tinggi

Berbeda dengan istilah narsis, sosok alpha female ini memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap apa yang dilakukannya. Dalam sebuah hubungan, ia tidak takut untuk menjadi lajang ketika belum menemukan sosok yang pas. Seorang alpha female umumnya selalu mempunyai tujuan dan impian hidup yang jelas.

  • Mudah menjadi sorotan

Sosoknya yang memiliki rasa percaya diri yang kuat membuat orang di sekelilingnya ikut terpengaruh, bahkan banyak orang yang menaruh perhatian kepadanya.

  • Ambisius

Sosok perempuan alfa memiliki kecenderungan tidak mudah puas dengan hal yang diraihnya. Mereka pada akhirnya akan mencari kesempatan dan juga tantangan. Alpha female yang ambisius akan mencari mentor, tantangan, dan peluang baru.

  • Memahami pentingnya keseimbangan hidup

Seorang alpha female sangat paham bagaimana cara menjalani hidup dengan seimbang. Keseimbangan yang dimaksudkan di sini adalah fisik, spirit, dan mental. Mereka akan menyadari dan memprioritaskan ketiga hal tersebut.

Kekurangan alpha female

  • Enggan meminta bantuan

Kemandirian yang dimiliki oleh alpha female membuatnya menjadi pribadi yang sungkan meminta bantuan, termasuk di kondisi yang benar-benar mendesak. Ia senantiasa lebih memilih menahan diri sambil mencari terobosan lain ketimbang meminta bantuan orang lain.

  • Tidak takut pada kesendirian

Kekurangan alpha female satu ini sebenarnya didasari oleh kemandirian yang dimilikinya serta keambisiusan dan kecerdasannya. Mereka memiliki keyakinan bahwa segalanya tetap bisa berjalan dengan baik, tanpa harus didampingi oleh orang lain.

  • Mudah merasa resah

Karakter satu ini memang dikenal tidak mudah menyerah. Mereka bahkan rela mengerahkan semua kemampuannya agar bisa berhasil. Namun, di balik itu semua mereka terkadang merasa resah lantaran takut rencana yang telah mereka atur gagal terlaksana. 

  • Memiliki banyak musuh

Perempuan alfa biasanya memiliki banyak musuh karena keinginannya untuk memegang kendali suatu hubungan. Banyak orang di sekitarnya merasa kurang nyaman sampai bersikap memusuhinya.

  • Dikenal pemilih pasangan

Alpha female menjadi seseorang yang pemilih untuk urusan pasangan. Mereka beranggapan bahwa lebih baik menahan kesendirian daripada menghabiskan waktu bersama pasangan yang tidak sejalan. Alpha female  tidak menyukai laki-laki yang mudah cemburu dan mencampuri urusannya. Yang terpenting bagi seorang alpha female yakni pasangannya mampu mendukung impiannya, tidak meremehkannya dan bersedia belajar bersama.


Demikian penjelasan tentang perempuan alfa atau alpha female. Apapun label yang dipakai untuk mendeskripsikan seseorang, jangan sampai itu membuat kita mereduksi kompleksitasnya sebagai manusia ya.

Yuk, follow Instagram WMNLyfe untuk tahu berita-berita penting tentang perempuan lainya!

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER