Penusuk Bocah SD yang Baru Pulang Mengaji di Cimahi Terancam Hukuman Mati

24 Oktober 2022 05:33

Narasi TV

Polisi menunjukkan tersangka penusukan bocah di Polres Cimahi, Kota Cimahi, Jawa Barat, Senin (24/10/2022). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi.

Penulis: Jay Akbar

Editor: Akbar Wijaya

Orang tua sempat menyembunyikan pelaku dari kejaran polisi.

Polisi menerapkan pasal berlapis ke pelaku penusukan bocah 12 tahun hingga meninggal di Cimahi, Jawa Barat. Pelaku diancam dengan pasal pembunuhan berencana, perampokan yang mengakibatkan korban meninggal, dan pasal perlindungan anak.

"Dengan ancaman maksimal pidana mati atau penjara seumur hidup, dan minimal 20 tahun penjara," kata Kepala Kepolisian Resor Cimahi Ajun Komisaris Besar Polisi Imron Ermawan dikutip Antara saat merilis kasus itu di Mapolres Cimahi, Senin (24/10/2022).

Sejumlah pasal yang disangkakan kepada pelaku adalah pasal 340 jo pasal 339 jo pasal 338 jo pasal 365 ayat 3 KUHP. Kemudian pasal 380 UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Kapolres mengatakan tersangka pembunuhan berinisal Rizaldi Nugraha Gumilar (22)  merupakan warga Kota Bandung. Ia tega menusuk korban berinisial PS (12) yang baru pulang mengaji hingga tewas di Jalan Mukodar, Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022). 

Habis Minum Minuman Beralkohol

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan Rizaldi beraksi dalam keadaan mabuk sehabis meminum minuman beralkohol.

Setelah kegiatan meminum minuman beralkohol Rizaldi langsung berencana melakukan perampokan.

"Pelaku saat itu keluar untuk mencari sasaran, dia kemudian berputar-putar, dan menuju ke Jalan Mukodar, ini terlihat dalam CCTV menggunakan sepeda motor, kemudian pelaku melihat sasaran dua orang anak," kata Ibrahim.

Kemudian, kata Ibrahim, Rizaldi melihat kedua orang anak itu berpisah di persimpangan gang. Pelaku, kata dia, langsung memilih untuk mengikuti PS untuk merampok ponsel.

"Korban sempat lari, saat itu korban langsung ditikam oleh tersangka, lalu dilakukan penggeledahan tasnya, dan dia tidak menemukan barang yang diharapkannya tersebut," kata dia.

Setelah itu, menurutnya korban berteriak untuk meminta tolong, sedangkan pelaku melarikan diri menggunakan sepeda motornya yang kini menjadi barang bukti.

Sejak kejadian penusukan polisi langsung melakukan olah TKP dan mengambil rekaman video CCTV dari sekitar lokasi kejadian.

Dari teman-teman Rizaldi pula polisi berhasil bisa mendapat informasi akurat tempat persembunyiannya.

"Termasuk temannya (saksi) yang pada saat tersangka bersama teman ini melakukan minuman keras bersama-sama," kata Imron.

Orang Tua Sempat Lindungi Pelaku

Penyidik Polres Cimahi juga memeriksa orang tua Rizaldi yang diduga terlibat upaya pelarian putra mereka.

"Orang tua pelaku sempat menyembunyikannya dan meminta pelaku kabur. Itu namanya tidak kooperatif," ujar Ibrahim.

ARTIKEL TERKAIT

TEKS

Unsur-Unsur Pembunuhan Berencana Ferdy Sambo & Putri Candrawati Sebelum Brigadir Yosua Dieksekusi

TEKS

Menghitung Berapa Kali Sambo Menangis di Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua

TEKS

Polisi Tangkap Anak yang Aniaya Bapak Lantaran Cekcok Warisan di Majalengka

TEKS

Pakar Kritik Aset Indra Kenz Diserahkan ke Negara, Korban Penipuan Beda dengan Perjudian

TEKS

Sebab Kematian Keluarga di Kalideres Masih Misteri, Polisi Libatkan Tim Gabungan Periksa Jenazah Korban

TEKS

Deretan Spekulasi Penyebab Kematian Satu Keluarga di Kalideres, Mana yang Paling Mendekati?

VIDEO TERKAIT

03:51

Bully di SMP Bandung: Sekolah, kok, Jadi Tempat Kekerasan?!

01:31

Software Murah Dipakai Aparat di AS buat Mata-matai Warga

16:55

Terancam UU ITE, Karyawan Alfamart Akan Dibela Hotman Paris

01:27

Sambo Ditempatkan Khusus Selama 30 Hari, Bisa Hambat Proses Pidana?

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya