Kenali Perbedaan IELTS dan TOEFL yang Wajib Diketahui

7 Juli 2023 10:07 WIB

Narasi TV

Ilustrasi soal tes bahasa Inggris. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Dewasa ini bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal, tapi dalam prosesnya kamu sudah mengetahui perbedaan antara IELTS dan TOEFL.

Biasanya sertifikat IELTS dan TOEFL diperuntukkan sebagai syarat pendaftaran beasiswa baik dalam negeri atau maupun ke  luar negeri.

Walaupun keduanya sama-sama tes untuk menguji kemampuan bahasa Inggris, namun sayangnya masih banyak orang yang belum memahami perbedaan keduanya. Lantas, apa yang membedakan TOEFL dan IELTS? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tentang IELTS dan TOEFL

Sebelum membahas lebih jauh mengenai perbedaan IELTS dan TOEFL kita perlu mengetahui tentang keduanya.

IELTS (International English Language Testing System) merupakan sebuah sistem tes bahasa Inggris berskala Internasional. 

Tes ini biasanya bertujuan untuk keperluan kerja, sekolah dan migrasi ke luar negeri. Tes yang sudah ada sejak tahun 1989 ini sudah dikelola 3 organisasi yaitu British Council, IDP: IELTS Australia, dan Cambridge English Language Assessment.

IELTS mengukur kemampuan berbahasa Inggris British. Kini IELTS sudah cukup populer di institusi pendidikan di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Irlandia, Afrika Selatan, dan sejumlah negara lainnya. 

Sementara TOEFL (Test of English as Foreign Language) diperuntukkan bagi negara-negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya.

Mengutip dari learningenglish.voanews.com, terdapat beberapa jenis TOEFL yang berlaku di dunia, dua di antaranya banyak digunakan.

Kategori yang diujikan dalam TOEFL IBT adalah reading, listening, speaking, dan writing. Masa berlaku sertifikat hasil tes TOEFL adalah dua tahun. 

Perbedaan IELTS dan TOEFL

Pengerjaan ujian

Waktu pengerjaan tes IELTS adalah 2 jam 45 menit dengan pembagian empat bagian test seperti seperti Writing, Listening, Reading, dan Speaking.

Sementara untuk waktu pengerjaan  TOEFL sekitar 3,5 jam. Di sini peserta tes juga menghadapi empat sesi yang mirip dengan IELTS, yaitu Listening, Structure and Written Expression, Reading Comprehension, dan Test of Written English.

Dalam pengerjaan soalnya, tes IELTS menggunakan jawaban nalar atau tulisan tangan sementara test pada TOEFL disajikan dalam bentuk pilihan ganda.

Skoring

Yang membedakan IELTS dan TOEFL selanjutnya adalah dari hasil skor yang diperoleh Maksimal skor TOEFL adalah 677. Sementara penilaian pada IELTS berkisar pada angka 1-9. 

Bahasa yang digunakan

Dalam pengerjaan ujian IELTS menggunakan bahasa Inggris Britania ( British accent), sementara TOEFL menggunakan bahasa Inggris Amerika (American accent). 

Semoga informasi ini bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR