Cara Membedakan Tipe Kulit Kering dan Berminyak

29 Feb 2024 13:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang yang sedang mengaplikasikan skincare ke kulit wajahnya. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Tipe kulit wajah dapat dibedakan menjadi beberapa jenis mulai dari kering, berminyak, kombinasi, hingga sensitif. Mengetahui tipe kulit wajah dapat membantumu dalam menentukan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kebutuhan. 

Sayangnya, masih banyak orang yang merasa bingung dengan jenis kulitnya sendiri. Padahal, kesalahan dalam memilih produk perawatan kulit dapat memicu berbagai masalah kulit, misalnya jerawat.

Lantas, bagaimana cara membedakan tipe kulit kering dan berminyak? Simak panduannya berikut ini. 

Ciri-ciri kulit kering

Tipe kulit wajah kering ditandai dengan rendahnya kadar minyak alami yang membuat kulit menjadi lembap dan elastis. Kondisi ini menjadikan kulit wajah tampak kusam, kasar, serta rentan mengelupas. 

Kulit wajah yang kering juga mudah mengalami iritasi, biasanya ditandai dengan munculnya rasa gatal, tekstur kulit yang bersisik, dan kemerahan pada kulit. 

Kurangnya kadar minyak dalam kulit kering juga dapat menurunkan kekenyalan kulit sehingga mudah timbul garis-garis halus dan kerutan pada kulit wajah.

Ciri-ciri kulit berminyak

Berkebalikan dengan kulit kering, tipe kulit wajah berminyak cenderung licin dan mengilap akibat produksi sebum atau minyak yang berlebih. Sebum pada wajah sebenarnya berfungsi untuk melindungi dan melembapkan kulit. Namun, produksi minyak dalam jumlah berlebih justru dapat membuat pori-pori menjadi tersumbat. 

Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit, salah satunya jerawat yang diakibatkan oleh bakteri dan kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit. 

Karena sebum dan kotoran yang memenuhi pori-pori, pemilik tipe kulit berminyak pun cenderung memiliki pori-pori wajah yang tampak lebih besar. Hal ini dapat diperparah dengan timbulnya komedo hitam dan putih yang semakin memperbesar tampilan pori-pori.  

Cara mengetahui tipe kulit wajah

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui tipe kulit wajah sendiri. Berikut di antaranya:

  • Perhatikan tekstur kulit

Cara mengetahui tipe kulit wajah yang pertama yaitu dengan memperhatikan tekstur kulit wajah sepanjang hari. Bersihkan wajah dengan sabun di pagi hari, lalu keringkan kulit wajah dengan tisu atau handuk bersih. Setelahnya, diamkan kulit sepanjang hari tanpa mengaplikasikan produk perawatan kulit apa pun. 

Perhatikan kondisi kulit wajah di pengujung hari. Kulit wajah yang kering akan terasa kasar dan kencang saat disentuh. Selain itu, kulit juga bisa mengalami iritasi dan mengelupas di beberapa bagian. 

Sementara itu, tipe kulit berminyak akan terasa lengket dengan permukaan yang terlihat basah dan berkilau. Pori-pori pada kulit wajah berminyak juga tampak besar dan jelas.

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER