Pahami Perbedaan Peran Teller, Customer Service, Customer Experience, dan Help Desk

21 November 2023 14:11 WIB

Narasi TV

Para pelanggan yang sedang dilayani oleh Teller di salah satu bank. Sumber: Lifepal.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Dalam dunia layanan pelanggan, peran berbagai posisi seperti teller, customer service, customer experience, dan help desk sangat penting untuk memastikan pengalaman pelanggan yang optimal.

Artikel ini akan membahas dengan mendalam perbedaan mendasar antara keempat peran tersebut, memberikan wawasan mendalam tentang tanggung jawab, fungsi, dan dampak mereka dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Peran teller di lembaga keuangan

  • Pekerjaan teller

Teller adalah posisi di bank atau lembaga keuangan yang bertanggung jawab untuk melakukan transaksi keuangan dasar. Mereka seringkali berinteraksi langsung dengan pelanggan di loket atau melalui mesin otomatis.

  • Tanggung jawab teller

Tanggung jawab teller meliputi menerima dan memproses setoran, penarikan uang, penukaran cek, serta memberikan informasi dasar tentang layanan keuangan. Kecepatan, ketelitian, dan keterampilan interpersonal menjadi kunci dalam pekerjaan ini.

Peran customer service

  •  Deskripsi pekerjaan customer service

Customer service adalah tim atau departemen yang fokus pada memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Mereka dapat beroperasi melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk telepon, email, dan obrolan langsung.

  • Tanggung jawab customer service

Customer service bertanggung jawab untuk memberikan informasi, menanggapi pertanyaan pelanggan, menangani keluhan, dan memberikan dukungan umum. Keahlian komunikasi yang baik, empati, dan pemecahan masalah adalah kunci sukses dalam posisi ini.

Peran customer experience

  • Deskripsi customer experience

Customer experience (CX) merujuk pada keseluruhan pengalaman pelanggan selama interaksi mereka dengan suatu perusahaan atau merek. CX melibatkan semua aspek interaksi, mulai dari awal kontak hingga setelah pembelian.

  • Tanggung jawab customer experience

Customer experience bertujuan menciptakan pengalaman positif dan membangun loyalitas pelanggan. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang preferensi pelanggan, desain layanan yang responsif, dan memastikan setiap titik kontak memberikan nilai tambah.

Peran help desk

  • Deskripsi pekerjaan help desk

Help desk adalah tim atau departemen yang menyediakan bantuan teknis atau dukungan untuk masalah-masalah teknis atau layanan yang berkaitan dengan produk atau sistem tertentu.

  • Tanggung jawab help desk

Help desk membantu pelanggan dalam menyelesaikan masalah teknis, memberikan petunjuk, dan memberikan dukungan teknis melalui berbagai saluran seperti telepon, email, atau sistem tiket online. Kemampuan diagnostik, penyelesaian masalah, dan keahlian teknis menjadi kunci dalam pekerjaan ini.

Pentingnya kombinasi keempat peran

Penting untuk diingat bahwa keempat peran ini saling melengkapi dan berkontribusi pada keseluruhan pengalaman pelanggan.

Teller memberikan pengalaman langsung di bank, customer service menangani pertanyaan dan keluhan, customer experience memastikan keseluruhan perjalanan pelanggan berjalan mulus, dan help desk menyediakan dukungan teknis yang kritis.

Dengan memahami perbedaan dan nilai masing-masing peran ini, perusahaan dapat membangun strategi layanan pelanggan yang holistik dan efektif. Ini bukan hanya tentang memberikan layanan, tetapi juga menciptakan hubungan yang kokoh dengan pelanggan untuk mencapai kepuasan yang berkelanjutan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR