Polisi Tangkap Terduga Pelaku Bom Istanbul, Intel Spesial PKK

15 November 2022 06:35

Narasi TV

Orang-orang menghadiri pemakaman Mukaddes Elif Topkara dan Adem Topkara, dua dari enam korban ledakan hari Minggu yang terjadi di Jalan Istiklal, di Istanbul, Turki, 14 November 2022. REUTERS/Kemal Aslan

Penulis: Rahma Arifa

Editor: Akbar Wijaya

Polisi Turki mengamankan perempuan yang diduga menanam bom di jalan raya Istanbul. Tersangka perempuan itu disebut orang Suriah yang telah lama bekerja untuk kelompok militan Kurdistan.

Dikutip AP News polisi mengatakan ia telah dilatih sebagai petugas intelijen spesial untuk Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Polisi juga mengatakan bahwa tersangka memasuki Turki secara ilegal melalui kota Afrin di perbatasan Syria-Turki.

Menteri dalam Negeri Turki, Soleyman Soylu menyebut aksi teror bom dilakukan dua kelompok militan Kurdi: Partai Pekerja Kurdistan, PKK, dan kelompok Kurdistan-Syria, YPG.

“Hampir dalam 6 tahun kita tidak mengalami aksi teror serius seperti apa yang kita alami kemarin malam di Istanbul” ujar Soylu dikutip AP News (14/11/22).

PKK merupakan organisasi militan untuk otonomi warga Kurdistan di barat daya Turki. PKK memang mempunyai rekam jejak aksi teror di Turki sejak tahun 1984. Pemerintah Turki, Amerika, dan Uni Eropa telah menandakan PPK sebagai organisasi terorisme.

Per tahun 2015, Crisis Group mencatat sebanyak 6,264 orang tewas akibat konflik antara PKK dan Turki. Pada akhir 2015, PKK dan pemerintah Turki dilaporkan tengah menjalankan proses perdamaian. Namun, pemerintah kembali menyalahkan PKK dalam ledakan mobil tahun 2016 yang menewaskan 38 polisi dan 8 warga sipil.

PKK menolak tuduhan pengeboman yang terjadi Senin lalu. Dalam pernyataan yang dilasir dalam website PKK, disebutkan bahwa organisasi tersebut tidak akan menarget warga sipil.

Tragedi pemboman di Istiklal Avenue, Istanbul menewaskan 6 orang dan puluhan terluka. Pemerintah Istanbul mendaftar 81 orang yang dilarikan ke rumah sakit, 57 diantaranya sudah dipulangkan. Sedangkan korban kematian berasal dari 3 keluarga dan mencakup anak berusia 9 dan 15 tahun.

Ledakan terjadi sekitar pukul 16.20 waktu setempat pada hari Minggu, 13 November 2022. Lokasi kejadian merupakan jalanan penuh pertokoan dan restoran menuju Taksim Square, pusat kota ibu kota Turki.

Sebanyak 46 orang yang dicurigai terlibat dalam aksi teror itu juga diamankan. Pemakaman korban dilakukan Senin, 14 November 2022. Jalanan tempat kejadian dipenuhi oleh bendera Turki dan karangan bunga.

NARASI ACADEMY

Content Production
Bikin Video Estetik Tanpa Modal Untuk Investasimu

Sumber penghasilan dari seorang content creator cukup menjanjikan lho, asal kamu harus konsisten untuk menciptakan konten kreatif yang berkualitas. Yuk investasi untuk jadi content creator profesional tanpa modal! Pelajari proses produksi konten secara menyeluruh, memberikan mood hingga menciptakan konten video agar terlihat lebih estetik.

Kelas Online
Content Production
Jadi Content Creator Nggak Pakai Repot

Belakangan ini, content creator menjadi salah satu profesi yang mengasyikan dan menjanjikan! Tapi, kamu harus punya mental yang kuat, memahami esensi, dan bersikap visioner dalam membuat konten. Pada kelas kali ini, Narasi Academy akan akan membantumu agar memiliki kemampuan tersebut, dengan dibimbing oleh narasumber profesional!

Kelas Online
Journalism
Cara Asyik Belajar Jurnalistik

Aksesibilitas informasi membuat semua orang berlomba-lomba menjadi seorang Jurnalis instan! Tapi, gimana ya caranya biar tetap kredibel, bertanggung jawab dan cekatan? Pelajari ilmu jurnalistik dengan cara yang asyik langsung dari pakarnya dengan mempelajari proses pembuatan berita mulai dari wawancara, pengolahan data hingga penyiaran!

Kelas Online
Journalism
Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data

Saatnya ambil peran dengan menjadi pelopor berita investigatif dengan menyajikan informasi yang kredibel, informatif dan mendalam! Pelajari treatment khusus dalam mengemas serta melakukan kurasi berita dengan menyajikan fakta serta data dengan metode storytelling. Daftarkan dirimu di kelas “Jurnalisme Investigasi Ala Narasi: Sajikan Fakta & Data”.

Kelas Online
Content Production
Rahasia Storytelling Keren, Bikin Konten Makin Beken

Kamu adalah calon content creator professional! Kunci utamanya adalah, menyajikan cerita yang kuat dan mampu membangun emosi dengan audience. Karena itu, kamu harus belajar mengenai storytelling & copywriting untuk mengembangkan ide kreatif! Jangan lewatkan kesempatannya, segera daftarkan dirimu di kelas Narasi Academy kali ini.

Kelas Online
Journalism
KILAT (Kelas Intensif Ilmu Data & Jurnalistik)

Kamu bisa jadi inovator dalam menyebarkan berita yang berkualitas dan kredibel! Caranya dengan menjadi citizen journalism. Setelah mengetahui dasar-dasar ilmu jurnalistik, sekarang kamu mampu mengemas & memproduksi sebuah berita. Pentingnya penyampaian informasi serta mencari point of view yang tepat juga kamu pelajari di kelas kali ini.

Kelas Online

TERPOPULER

KOMENTAR

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya