Tentang Postpartum Center Care untuk Ibu, Ternyata Sudah Ada di Indonesia

19 Agustus 2023 10:08 WIB

Narasi TV

Foto tangan ibu dan bayi. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Postpartum adalah periode yang dilalui seorang ibu baru pasca melahirkan. Pengertian tersebut berasal dari kata “post” yang berarti setelah dan “partum” yang berarti melahirkan. Istilah postpartum juga dikenal dengan sebutan masa nifas.

Istilah postpartum memiliki perbedaan dengan postnatal walaupun tidak terlalu signifikan. Postnatal mengacu pada “dilahirkan” karena berangkat dari arti kata “natal”. Maka dari itu, istilah postnatal lebih menekankan pada bayi yang baru lahir.

Postpartum period ini membutuhkan dukungan dan perawatan yang baik. Hal ini agar tidak terjadi penurunan kesehatan, terutama pada perempuan. Para ibu baru rentan mengalami masalah kesehatan mental pasca melahirkan, salah satunya adalah baby blues.

Ada dua periode postpartum yang bisa dialami ibu pasca melahirkan yaitu postpartum awal yang terjadi selama 6-8 minggu pasca melahirkan. Sedangkan postpartum alami tidak bergantung pada periode waktu, melainkan pengalaman masing-masing individu.

Postpartum depression

Apabila terjadi gangguan mental pada saat postpartum, maka perlu bagi ibu maupun orang-orang di sekitar untuk lebih berhati-hati. Jika tidak segera ditangani, postpartum depression (depresi pasca melahirkan) bisa berakibat fatal.

Postpartum depression adalah kondisi di mana seorang ibu merasa bersalah, sedih, dan bentuk depresi lain dalam jangka waktu lama usai melahirkan. Kondisi ini lebih lama dari baby blues pasca persalinan.

Biasanya penyebab postpartum depression adalah karena perubahan fisik dan masalah psikis usai memiliki bayi. Selain itu, penyebab lain adalah karena ibu kurang tidur selama mengurus bayi, serta masalah citra diri seperti ibu yang merasa kurang menarik lagi setelah melahirkan.

Pentingnya postpartum care center

Postpartum care center adalah fasilitas perawatan pasca melahirkan yang eksklusif. Layanan ini bertujuan untuk membantu dan mengedukasi ibu, menjaga kesehatan ibu, dan mencegah masalah kesehatan.

Postpartum care center berada di bawah asuhan profesional dan lingkungan yang mendukung. Perawatan efektif menjadi hal yang wajib untuk meningkatkan kesehatan bagi ibu dan bayi baru lahir.

Melansir National Library of Medicine, berikut perawatan yang diberikan dalam postpartum care:

  • Perawatan nyeri vagina akibat trauma saluran genital.
  • Pendarahan atau keputihan.
  • Masalah menyusui.
  • Kebutuhan nutrisi dan olahraga.
  • Pembengkakan payudara pasca melahirkan.
  • Fungsi kandung kemih dan usus.
  • Hubungan seksual pasca melahirkan.
  • Penggunaan kontrasepsi.
  • Edukasi tentang kelahiran.
  • Keguguran, lahir mati, atau kematian bayi baru lahir.

Dengan adanya postpartum care center, diharapkan dapat menekan angka kematian ibu pasca melahirkan. Kematian tersebut paling banyak disebabkan oleh hipertensi berat, pendarahan hebat, dan infeksi.

Postpartum care center di Indonesia

Postpartum care center ini sudah bisa ditemui di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Di Indonesia, postpartum care center dikenal dengan nama postnatal care center.

Postnatal care center pertama di Indonesia adalah Klinik Health 360. Lokasinya berada di Karawaci, Tangerang, Banten. Klinik yang berdiri sejak 2020 ini memiliki berbagai treatment yang berguna bagi ibu pasca melahirkan.

Melansir laman Health 360, layanan ini berangkat dari penelitian terkait perempuan yang mengalami depresi atau kecemasan selama kehamilan atau pasca melahirkan. Dalam pemeriksaan pasca melahirkan, kondisi tersebut seringkali terlewatkan.

“Kami menyadari bahwa para ibu membutuhkan pelayanan kesehatan yang berkelanjutan dan maksimal mulai dari masa kehamilan hingga setelah melahirkan,” tulis Health 360 pada website-nya.

Klinik Health 360 ingin menjadi one stop solution untuk kesehatan keluarga, baik dari segi fisik, mental, dan kebugaran. Ini juga menjadi misi Klinik Health 360 untuk memberikan layanan kesehatan yang mudah diakses, terjangkau, dan berkualitas untuk para ibu.

Semoga dengan ini layanan postpartum care center atau postnatal care center di Indonesia semakin beragam. Dengan begitu, ibu tidak perlu merasa cemas dan depresi lagi pasca melahirkan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR