Prabowo Janjikan Makan Siang untuk Semua Anak Sekolah dan Naikkan Gaji Guru

20 September 2023 15:09 WIB

Narasi TV

Bacapres Prabowo Subianto dalam acara "Mata Najwa: 3 Bacapres Bicara Gagasan" pada Selasa (19/9/2023). (Sumber: YouTube/Najwa Shihab)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Bakal calon presiden yang diusung Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto, menjanjikan makan siang gratis untuk anak sekolah dan menaikkan gaji guru jika terpilih dalam Pemilu 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Prabowo dalam dialog “Mata Najwa: 3 Bacapres Bicara Gagasan" di Grha Sabha Pramana, Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, pada Selasa (19/9/2023).

Penyediaan makan siang gratis dan kenaikan gaji guru merupakan salah satu dari 8 Program Hasil Cepat 2024-2029 yang dicanangkan Prabowo.

“Sangat jelas di situ, makan siang untuk semua anak Indonesia, di sekolah, di pesantren, di sekolah swasta dan negeri, di usia dini karena dengan gizi yang baik dia bisa menempuh pendidikan yang baik, dia bisa belajar dengan baik,” ujar Prabowo.

Menurut mantan Pangkostrad tersebut, penyediaan makan siang gratis merupakan salah satu cara untuk mengentaskan masalah kurang gizi pada anak usia sekolah, selain meringankan beban orang tua terkait pemenuhan gizi makanan pada anak.

Pemenuhan gizi kesehatan, menurut Prabowo, berkaitan erat dengan kondisi pendidikan di Indonesia masa kini.

Prabowo menjelaskan bahwa problem stunting, yang berakar dari kemiskinan, menjadi soal yang harus diperhitungkan ketika membicarakan problem pendidikan–selain akses pada pendidikan murah.

“Kunci daripada kesulitan bangsa adalah bahwa banyak di rakyat kita yang mengalami kemiskinan, yang sulit mendapat pekerjaan, kalau mendapat pekerjaan penghasilannya tidak cukup, banyak anak-anak kita yang kurang gizi,” ujar Prabowo.

Oleh karenanya, Prabowo mencanangkan program pemenuhan gizi bagi anak usia sekolah dan usia dini.

Namun, selain pemenuhan gizi, Menteri Pertahanan Indonesia tersebut juga menyatakan bahwa akses pada pendidikan murah juga perlu dibuka seluas-luasnya.

Ketika ditanya tentang isu komersialisasi pendidikan oleh perwakilan BEM UGM, Prabowo menyatakan bahwa ia sepakat untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pendidikan.

“Kalau pendidikan saya sangat sependapat, pendidikan adalah kunci dari pembangunan bangsa,” katanya.

Prabowo juga menyatakan bahwa ia berkomitmen untuk menciptakan pendidikan gratis hingga tingkat perguruan tinggi di Indonesia.

“Itu komitmen saya, semua universitas negeri dan sekolah negeri tidak boleh dipungut bayaran,” ujar Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Menaikkan gaji guru dan roadmap pendidikan

Selain pemberian gizi pada anak sekolah, Prabowo juga mencanangkan kenaikan gaji guru di Indonesia dalam 8 Program Hasil Cepat 2024-2029.

Kenaikan gaji tersebut, menurutnya, masuk dalam roadmap pendidikan yang ia canangkan.

“Dalam 17 Program Prioritas, di situ menaikkan gaji guru. Itu roadmap. Kualitas pendidikan diperbaiki, sehingga kita bisa memberikan kualitas hidup yang baik,” ujarnya.

Dalam program prioritas yang dicanangkan Prabowo, kenaikan gaji menjadi salah satu program yang akan menyasar guru, ASN, anggota TNI/Polri, dan kepala desa.

“Saya [juga] ingin membentuk sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten. Sekarang hanya ada sekolah unggul di beberapa provinsi, kita turunkan di kabupaten,” pungkasnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR