Prediksi Puncak Arus Mudik Lebaran 2024, Menko PMK Beri Himbauan Ini

20 Maret 2024 22:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi puncak arus mudik. (Sumber: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Pemerintah prediksi puncak arus mudik Lebaran Idulfitri 1445 H atau tahun 2024 M akan terjadi pada rentang tanggal 5—7 April 2024, sementara puncak arus baliknya dijadwalkan pada tanggal 14—15 April 2024.

Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), menyatakan hal ini setelah rapat tingkat menteri di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada hari Senin (18/1/2024).

"Puncak mudik diperkirakan terjadi tanggal 5-7 April 2024 dan arus balik tanggal 14-15 April,” ujar Muhadjir Effendy dilansir dari Kompas.com (20/3/2024).

Proyeksi jumlah pemudik tahun ini diprediksi mencapai 193,6 juta orang, naik sekitar 60 persen dari tahun sebelumnya.

Menurut Muhadjir, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengaktifkan 6 ruas jalan tol untuk mendukung arus mudik Lebaran tahun ini.

Tiga ruas tol di Pulau Jawa mencakup Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Ruas Kutanegara-Sadang, dan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo Ruas Colomandu-Klaten.

Sementara itu, tiga ruas tol di Sumatera meliputi Tol Bangkinang-Koto Kampar, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura, dan Seksi 3-4 Tebing Tinggi-Sinaksak, serta Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran sepanjang 32,15 kilometer. 

Muhadjir menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap kondisi cuaca dan kerawanan lainnya.

Bagi pemudik yang memilih transportasi umum, Muhadjir mendorong agar melakukan pembelian tiket dan check-in online guna menghindari antrian yang panjang.

"Semuanya akan diharapkan sudah bisa dilalui secara fungsional. Hanya mohon diwaspadai tentu saja adanya kerawanan-kerawanan terutama cuaca," ujar Muhadjir.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR