Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Filipina, Rafael Struick Berpotensi Jadi Starter

21 November 2023 15:11 WIB

Narasi TV

Sejumlah penggawa timnas Indonesia ketika mengikuti latihan pada Selasa (14/11/2023) sore waktu setempat di Irak untuk laga perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. (ANTARA/Ho/PSSI)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Timnas Indonesia tengah berjuang untuk meraih kemenangan di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, dan kali ini, mereka berharap mengalahkan Timnas Filipina sebagai langkah menuju tujuan tersebut.

Pada pertandingan sebelumnya, Timnas Indonesia mengalami kekalahan yang signifikan dengan skor 5-1 dari Timnas Irak. Namun, mereka berkomitmen untuk tidak mengulangi hasil tersebut dan berambisi untuk meraih kemenangan saat bertemu dengan Filipina di Rizal Memorial Stadium, Manila, pada Selasa (21/11/2023) malam WIB.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong bertekad membawa timnya tampil maksimal. Meskipun menghadapi tantangan jadwal padat dan kelelahan, mereka berusaha mengatasi semua hambatan yang muncul.

"Besok di pertandingan kami mungkin akan memiliki sejumlah kekurangan dalam hal kebugaran, tapi kami telah melakukan persiapan yang baik dari sisi mentalitas pemain, jadi kami dapat melewatinya dengan baik. Sejauh ini semua (persiapan) berjalan dengan baik,” ujar Shin Tae-yong pada Senin (20/11), dikutip dari laman resmi PSSI.

Masalah tambahan muncul dengan cedera engkel yang dialami oleh penyerang Dimas Drajad saat berhadapan dengan Irak. Namun, semangat positif tetap menggema di Timnas Indonesia, dan mereka berjanji untuk berjuang habis-habisan.

Shin Tae-yong menyadari bahwa bermain di lapangan dengan rumput sintetis di Rizal Memorial Stadium merupakan situasi yang tidak biasa bagi pemainnya yang lebih terbiasa dengan rumput alami. Meski begitu, mereka berkomitmen untuk memberikan performa terbaik.

Dalam perjalanannya, Timnas Indonesia pernah meraih kemenangan 2-1 atas Filipina di Rizal Memorial Stadium pada awal tahun ini dalam Piala AFF 2022. Pengalaman positif ini menjadi motivasi tambahan bagi Skuad Garuda.

Di sisi Filipina, mereka juga sedang berjuang setelah dikalahkan 0-2 oleh Timnas Vietnam. Pelatih Michael Weiss menyadari tekanan besar yang dihadapi timnya dan menekankan pentingnya pertandingan melawan Indonesia.

Dari skuad Filipina, enam pemain berkarier di BRI Liga 1, termasuk Kenshiro Daniels, Mike Ott, Simen Lyngbo, Christian Rontini, Carli de Murga, dan Daisuke Sato. Dengan prakiraan susunan pemain yang telah diumumkan, pertandingan ini menjadi sangat krusial bagi kedua tim.

Prediksi susunan pemain Timnas Indonesia vs Filipina

Timnas Indonesia (4-3-3): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Rizky Ridho, Shayne Pattynama; Sandy Walsh, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Ramadhan Sananta, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Filipina (4-3-3): Neil Etheridge; Jesse Curran, Jefferson Tabinas, Christian Rontini, Daisuke Sato; Justin Baas, Manuel Ott, Jose Porteira; Santiago Rublico, Mike Ott, Patrick Reichelt.

Pelatih: Michael Weiss (Jerman).

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR