Preview Final Argentina Vs Prancis, Antara Messi dan Mbappe Siapa Lebih Haus Gol?

18 Dec 2022 16:12 WIB

thumbnail-article

Semi Final - Argentina v Kroasia - Stadion Lusail, Lusail, Qatar - 13 Desember 2022 Julian Alvarez dari Argentina merayakan gol kedua mereka dengan Lionel Messi dan Nahuel Molina REUTERS/Carl Recine

Penulis: Agung Pratama S.

Editor: Akbar Wijaya

Argentina siap menantang sang juara bertahan Prancis pada laga final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Qatar, Ahad (18/12/2022).

Bagi kedua tim pertandingan final ini memiliki makna pentingnya sendiri-sendiri. 

Di kubu Argentina, motivasi menjadi juara datang dari kerinduan yang belum terlunasi sejak mereka menjadi juara pada Piala Dunia 1986 di Meksiko. Ketika itu Argentina pulang membawa piala usai mengalahkan Jerman Barat di final dengan skor 3-2.

Bagi Lionel Messi, striket Argentina yang telah mengoleksi begitu banyak gelar dan prestasi, final kali ini teramat penting sebagai penutup karirnya di timnas Argentina untuk ajang Piala Dunia.

Prancis juga punya motivasi kuat sebagai juara. Final ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk juara secara back to back di Piala Dunia sebagaimana pernah ditorehkan Brasil dan Italia.

Mereka berpotensi mengulang kesuksesan Piala Dunia 2018 di Rusia, empat tahun lalu. Kylian Mbappe juga tampil trengginas di depan bersama Olivier Giroud siap untuk mengubur mimpi Messi kedua kalinya di laga final Piala Dunia.

Perjalanan Kedua Tim

Lolosnya Prancis ke babak final merupakan bukti bahwa kutukan juara Piala Dunia tidak akan bisa mencapai pertandingan akhir hanya mitos belaka.

Prancis yang merupakan Juara Piala Dunia 2018 mampu tampil baik sepanjang babak penyisihan dengan menjadi juara Grup D bersama Australia, Tunisia, dan Denmark.

Prancis berhasil mengemas kemenangan atas Australia dan Denmark, serta harus puas kandas 1-0 melawan Tunisia.

Namun kekalahan tersebut tetap membawa mereka menjadi juara Grup D dengan raihan enam poin. Sepanjang fase grup mereka berhasil mencetak enam gol dan hanya kemasukan tiga gol.

Pada fase knockout, di babak 16 besar mereka berhasil mengandaskan perlawanan Polandia 3-1. Selanjutnya pada babak perempat final, giliran mimpi The Three Lions untuk “Football is Coming” harus kandas usai dikalahkan dengan score 1-2 oleh Prancis. Selanjutnya pada babak semifinal Prancis mengubur mimpi sang kuda hitam Maroko dengan skor 2-0.

Berbeda dengan Prancis, Argentina mengawali turnamen dengan kurang meyakinkan. Juara Copa America 2021 tersebut kalah atas Arab Saudi 2-1 pada laga perdana Grup C.

Tetapi mereka berhasil bangkit pada dua laga berikutnya dengan menang 2-0 atas Meksiko dan Polandia. Berkat dua kemenangan tersebut, Argentina berhasil menempati peringkat pertama grup dengan raihan enam poin.

Pada babak gugur, Argentina ditantang Australia. Hasilnya Argentina masih terlalu perkasa bagi wakil Asia, mereka berhasil unggul 2-1 atas Australia.

Pada babak perempat final, Argentina menghadapi Belanda. Pada laga ini, Argentina menang adu penalti atas Belanda dan melenggang ke babak semi final.

Pada babak semi final Argentina berhasil mengandaskan mimpi Kroasia untuk kembali mencapai laga Final. Mereka berhasil menang 3-0 dan melaju ke babak Final.

Head to Head Argentina Vs Prancis

Final Piala Dunia 2022 Qatar ini menjadi pertemuan ke-13 bagi kedua tim di ajang sepak bola internasional. Dalam 13 pertemuan tersebut, Prancis hanya memenangkan tiga laga, enam lainnya dimenangkan Argentina, dan sisanya berakhir imbang. Pertemuan di laga final ini juga jadi ajang persaingan bagi para penyerang.

Pada Piala Dunia 2018, Prancis dan Argentina bentrok di babak 16 besar. Hujan gol terjadi sepanjang pertandingan yang berakhir 3-4 untuk kemenangan Prancis.

Hujan gol dicetak Argentina dicetak Angel Di Maria, Gabriel Mercado, dan Sergio Aguero. Sedangkan empat gol Prancis dicetak oleh Antoine Griezmann, Benjamin Pavard, dan dua gol Kylian Mbappe.

Kemenangan itu juga menjadi jalan pembuka bagi Prancis menunggu tangga juara pada Piala Dunia 2018 tersebut. Selain pada edisi 2018, Argentina dan Prancis pernah bertemu di Piala Dunia 1930 dan 1978 dan dimenangi oleh Argentina.

Pada daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022 Qatar ini, para penyerang baik Prancis maupun Argentina sama sama menjadi pemuncaknya.

Pemuncak top skor saat ini, Kylian Mbappe dan Lionel Messi sama-sama mencatatkan lima gol dan memuncaki daftar pencetak gol terbanyak. Menariknya selain Lionel Messi dan Kylian Mbappe ada nama Olivier Giroud dan Julian Alvarez yang sama-sama sudah mencetak empat gol juga tidak kalah tajam dengan dua mega bintang kedua tim.

Secara keseluruhan kedua tim pun tampil cukup produktif. Argentina berhasil mencetak 12 gol dan kemasukan lima gol. Sedangkan Prancis berhasil mencetak 14 gol dan juga kemasukan lima gol.

Lionel Messi Vs Kylian Mbappe

Lionel Messi dan Kylian Mbappe menjadi sorotan dalam laga final ini. Lionel Messi dari sisi Argentina dan Kylian Mbappe dari sisi Prancis keduanya berada di puncak top scorer. Keduanya juga merupakan kompatriot di Paris Saint-Germain.

Setelah mencetak gol melawan Kroasia kemarin, Messi berhasil melewati catatan pendahulunya Gabriel Batistuta dengan 11 gol dan Maradona dengan delapan gol.

Ia juga berhasil melewati catatan legenda Jerman, Lothar Matthaus dalam catatan penampilan Piala Dunia dengan 26 penampilan. Jika berhasil membawa trofi Piala Dunia, maka ini akan melengkapkan lemari trofi Lionel Massi dan semakin menegaskan dirinya menjadi G.O.A.T (Greatest of All Time) alias pemain sepanjang masa.

Sedangkan Kylian Mbappe yang kini berusia 23 tahun dapat mencatatkan diri kembali menjadi pemain muda yang mendapat dua gelar Piala Dunia setelah Pele. Pele mencatatkan kemenangan dua kali Piala Dunia pada usia 22 tahun.

Selain soal adu gengsi tim, menarik juga untuk disimak siapa yang akan membawa sepatu emas di Piala Dunia 22. Apakah Lionel Messi atau Kylian Mbappe? Atau justru Olivier Giroud atau Julian Alvarez yang menyodok daftar top scorer.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER