Profil Ajeng Kamaratih, ‘Crush’ Baru WMN yang Fasih Bicara Empat Bahasa

9 Agustus 2023 18:08 WIB

Narasi TV

Ajeng Kamaratih saat tampil menjadi presenter. Sumber: akun instagram @ajengkamaratih_

Penulis: Rusti Dian

Editor: Maragreth Ratih. F

Siapa sih yang tidak tahu Ajeng Kamaratih? Seorang content creator asal Indonesia yang sering berbicara dalam Bahasa Perancis, Jerman, Inggris, dan bahasa asing lainnya dalam konten. Berikut profil lengkap Ajeng Kamaratih.

Ajeng Kamaratih atau akrab disapa dengan sebutan “Mbajeng” lahir di Jakarta pada 16 Agustus 1986. Ia adalah lulusan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Sastra Perancis Universitas Sorbonne Perancis, dan Studi Gender Universitas Indonesia.

Ketertarikannya pada dunia model membawa Ajeng menjadi pemenang favorit pilihan pembaca dalam Wajah Femina 2006. Ia juga sempat menjadi lima besar Miss Indonesia mewakili Provinsi Bangka Belitung pada tahun 2008.

Berkarier menjadi presenter berita

Pada tahun 2007, Ajeng mulai menggeluti profesinya di bidang jurnalistik. Kariernya dimulai ketika Ajeng menjadi pembawa acara berita di Liputan 6 Pagi dan Liputan 6 Malam di SCTV. 

Kemudian pada tahun 2009, ia menjadi pembawa acara berita Seputar Indonesia Pagi, Seputar Indonesia Siang, Seputar Indonesia Sore, Sekilas Info, dan Delik di RCTI. Selanjutnya, Ajeng berpindah menjadi pembawa acara berita di Kompas TV.

Ia juga sempat menjadi presenter freelance di Metro TV pada awal tahun 2017. Di sana, Ajeng membawakan program Metro Plus. Ajeng kemudian resmi menjadi jurnalis Metro TV dan membawakan program Metro Siang dan Hot Room.

Meskipun Ajeng kini tidak lagi berprofesi sebagai jurnalis, tetapi Ajeng masih merasa memiliki “hati jurnalis” dalam hidupnya. Hal ini disampaikan Ajeng melalui unggahan di Instagram Story-nya pada Rabu (9/8/2023).

“Hati jurnalis itu selamanya, lho. Pengalaman, ketajaman melihat peristiwa, dan lain-lain yang kalian lihat sekarang di aku, ya karena aku dulu jurnalis TV,” tulisnya.

Fasih empat bahasa asing

Jika kamu melihat konten-konten Ajeng Kamaratih di TikTok dan Instagram, pasti kamu familiar dengan kefasihannya berbicara dalam berbagai bahasa asing.

Ia sering mengajarkan aksen berbicara dalam Bahasa Perancis, menjawab telepon dalam berbagai bahasa, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, Ajeng juga sering membagikan tips belajar bahasa asing yang menyenangkan.

Ketertarikannya pada bahasa dimulai sejak Ajeng masih bersekolah. Ketika SMA, Ajeng belajar bahasa Jerman selama satu tahun. Ia kemudian pergi ke Jerman untuk melanjutkan belajar bahasa tersebut. Sayangnya, Ajeng merasa belajar bahasa Jerman terlalu mahal.

Akhirnya Ajeng mengambil bahasa lain yang biayanya cukup terjangkau. Dari situ, Ajeng mulai belajar bahasa Perancis. Ditambah lagi adanya dukungan dana dari kedutaan yang membuat Ajeng semakin mudah mempelajari bahasa Perancis.

Mendarat menjadi content creator

Selama pandemi, Ajeng memiliki keinginan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Di satu sisi, Ajeng juga masih ingin bekerja. Akhirnya, Ajeng mencoba segala kesempatan untuk bekerja.

Ajeng mengaku pernah menjadi guru senam online. Ia bersama teman-temannya sempat berjualan program hidup sehat online. Program ini diinisiasi oleh temannya untuk mengajak ibu-ibu Indonesia di seluruh dunia olahraga bersama dan hidup sehat.

“Terus aku mikir, kalau mau come back entah sebagai apa, gue harus pede dan kece,” tulis Ajeng dalam unggahan Instagram Story-nya.

Akhirnya, Ajeng pun memutuskan untuk menjadi content creator. Bahkan Ajeng juga diundang di berbagai event dan kerja sama dengan brand di Perancis. Tentu saja kesempatan itu diabadikannya dengan apik melalui unggahannya di media sosial.

Selain menjadi content creator, Ajeng juga kembali menjadi MC setelah bertahun-tahun hiatus dari dunia tersebut. Ajeng juga mempromosikan dirinya sebagai MC yang fasih dalam bahasa Perancis, Jerman, Inggris, dan Indonesia.

Berkolaborasi dengan WMN

Kini, Ajeng Kamaratih resmi menjadi #WMNCrush dalam program WMN Lyfe. Kerja sama Ajeng Kamaratih bersama WMN Narasi ini dimulai sejak Selasa (8/8/2023).

Please say HI to our #WMNCrush @ajengkamaratih_. Bareng Mbak Ajeng kita bakalan rutin bikin event Mingle Series, IG Live take over, dan masih banyak keseruan lainnya,” tulis WMN Lyfe dalam unggahannya di Instagram pada Selasa (8/8/2023).

Konten-konten Ajeng bersama WMN diberi nama “✨AJENGNEWS✨”. Konten pertama yang diunggah adalah tentang body checking di beauty pageant. Untuk selanjutnya pasti akan ada konten-konten menarik kolaborasi antara WMN dan Ajeng Kamaratih.

“Nggak ada yang nggak mungkin, nggak ada yang telat. Berkarya terus cari prestasi, bukan sensasi,” tutup Ajeng.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR