Profil Amellya Nur Sifa: Penyumbang Emas Cabor BMX Putri di Ajang Asian Games 2023

4 Oktober 2023 17:10 WIB

Narasi TV

Pebalap sepeda putri Indonesia Amellya Nur Sifa (kanan) dan Jasmine Azzahra Setyobudi. Amelya berhasil meraih medali emas dari cabang balap sepeda nomor BMX racing putri ASIAN Games 2022 Hangzhou, sementara Jasmine meraih perunggu dari nomor yang sama. (Sumber: Indonesia Cycling Federation via ANTARA)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Salah satu putri terbaik Indonesia berhasil menorehkan prestasi di ajang Asian Games 2023 yang saat ini tengah berlangsung di Hangzhou, China, dari cabang balap sepeda nomor bmx.

Ia adalah Amellya Nur Sifa yang berhasil menyumbangkan emas di ajang perlombaan olahraga bergengsi se-Asia itu.

Mengutip Antara, atlet muda Indonesia ini berhasil mencatatkan waktu 44,065 detik di heat pertama, 43,290 detik pada heat kedua, dan 43,918 detik pada heat ketiga.

Hal menarik dari kisah peraih medali emas Asian Games tersebut bukan hanya perihal medali yang ia peroleh, melainkan juga kisah hidup dara asal Temanggung tersebut hingga dapat memperoleh medali emas di Hangzhou.

Profil Amellya Nur Sifa

Amellya Nur Sifa merupakan atlet perempuan Indonesia yang lahir di Kota Temanggung, Jawa Tengah pada 9 Juli 2003.

Perempuan yang kini telah menginjak usia 20 tahun ini mengenal olahraga sepeda BMX sejak kecil. Tak heran kepiawaiannya dalam bersepeda mengantarkan Amellya mendulang banyak prestasi.

Sebut saja pada tahun 2016 sampai 2018, Amellya telah aktif mengikuti kejuaran sepeda BMX lokal di Jawa Tengah.

Tahun 2018 untuk pertama kalinya ia berhasil menjuarai Kapolres Temanggung Cup. Prestasi tersebut berlanjut dan semakin meningkat seiring bertambahnya waktu dan pengalaman yang dimiliki oleh Amellya.

Ia pun diberi kesempatan untuk mewakili Indonesia dalam ajang profesional pada 2021, tepatnya pada Piala Dunia BMX 2021 atau UCI BMX Supercross World Cup di Sakarya, Turki.

Kesempatan langka itu tak pernah Amellya sia-siakan begitu saja, dalam ajang Internasional tersebut ia berani gigi dan langsung menembus babak final putaran delapan kategori putri U-23 dalam debut kompetisi interkontinental tersebut.

Satu tahun kemudian, ia kembali dipercaya mewakili Indonesia di kejuaran BMX tingkat Asia dan berhasil menjadi runner up.  

Pada tahun yang sama, Amellya juga menjuarai kejuaraan BMX tingkat nasional atau ICF BMX National Championship 2022.

Sebagaimana atlet lain yang tak begitu saja meraih kesuksesan, Amellya juga mengalami pasang surut performa dalam kariernya.

Pada tahun 2023, Amellya yang berlaga di Piala Dunia BMX dan kejuaraan Asia BMX mengalami penurunan peringkat.

Pada ajang kejuaraan Asia BMX 2023 Amellya ada di peringkat ke-9, sementaran Piala Dunia BMX 2023, dia hanya mampu berada di posisi ke-28.

Namun hal itu tentunya tidak menyurutkan semangatnya, di tahun yang sama gadis kelahiran Temanggung ini berhasil menorehkan prestasi membanggan untuk Indonesia dengan membawa pulang medali emas Asian Games 2023.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR