Profil Belinda, Pemenang Masterchef Indonesia Season 11 yang Pernah Menjadi Chef de Partie

27 November 2023 17:11 WIB

Narasi TV

Belinda Christina, pemenang Master Chef Indonesia Season 11. Sumber: Akun Instagram @belinda.mci11.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Belinda Christina menjadi pemenang ajang memasak Masterchef Indonesia (MCI) musim ke-11. Ia berhasil mengalahkan lawannya, Rizkisyah Putra Singarimbun alias Kiki. Lantas, siapakah Belinda? Berikut profil Belinda pemenang Masterchef Indonesia 2023.

Kemenangan Belinda dalam Masterchef Indonesia 2023 diwarnai sejumlah kontroversi. Menurut warganet, Belinda tak pantas menjadi pemenang. Ia kedapatan tak piawai memotong daging domba saat sedang bertanding. Hal ini membuat lawan Belinda, Kiki turun tangan membantunya.

Kontroversi lain juga tak lepas dari sorotan warganet. Misalnya dewan juri yang seolah mencari kesalahan Kiki, tak mempertimbangkan sikap Belinda saat bertanding, hingga perolehan skor. Belinda mendapat total skor 1867, sedangkan Kiki mendapat skor 1857 dalam tiga ronde.

Profil Belinda Masterchef Indonesia 2023

Belinda Christina Sianto, begitulah nama lengkapnya. Perempuan yang akrab disapa Belin ini lahir pada 22 September 2000 di Surabaya, Jawa Timur. Ia adalah anak bungsu dari enam bersaudara yang lahir dari pasangan Samuel Sianto dan Ngirana Prima Wati.

Belinda menghabiskan masa kecilnya di Malang, Jawa Timur. Hal ini dikarenakan ayahnya menjadi pendeta di Gereja Bethany Yestoya Pusat Malang. Kakak laki-lakinya, Yoel Sianto juga menjadi pendeta muda di gereja yang sama dengan ayahnya.

Belinda adalah lulusan Le Cordon Bleu, New Zealand pada 28 Maret 2019. Ia mendapat dua sertifikat yaitu Diplome de Cuisine dan Diplome Avance Culinaire. Sertifikat ini sangat dihormati dan diakui secara global. Setelah itu, Belinda melanjutkan sekolah di King’s Own Institute dengan mengambil jurusan Accounting. 

Sebagai lulusan di bidang kuliner, Belinda juga berpengalaman menjadi chef di Selandia Baru dan Australia. Pengalaman ini di antaranya menjadi Commis Chef di Collective Hospitality Wellington, Demi Chef de Partie Atlas Wellington, dan menjadi chef di NOSH Hospitality Sydney, Australia.

Ia kemudian menjadi Chef de Partie di Oaks Hotels, Resorts, and Suites di Wellington, Hastings People, Whiteink Agency. Untuk diketahui, Chef de Partie adalah seseorang yang memegang quality control pertama di dapur dan melaporkan langsung pada Sous Chef.

Tahun 2023, Belinda menjajal keberuntungannya untuk berkontestasi dalam Masterchef Indonesia. Saat audisi, ia menghidangkan Thai Duck Red Curry. Hidangan ini mengantarkan Belinda memeroleh dua “ya” dari Chef Juna dan Chef Arnold.

Selama bertanding, Belinda sering masuk dalam pressure test. Namun, tantangan tersebut berhasil dilewati hingga akhirnya Belinda menjadi pemenang dalam Masterchef Indonesia Season 11, terlepas dari berbagai kontroversi yang ada di baliknya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR