Profil Sheynnis Palacios, Miss Universe 2023 yang Peduli dengan Kesehatan Mental Perempuan

20 November 2023 15:11 WIB

Narasi TV

Sheynnis Palacios, Miss Universe 2023. Sumber: CNN.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Shennys Palacios baru saja dinobatkan menjadi Miss Universe 2023 pada Minggu (19/11/2023) di El Salvador. Ia mencetak rekor sebagai perempuan pertama asal Nicaragua yang menjadi pemenang Miss Universe setelah sepuluh tahun terakhir. Berikut profil Sheynnis Palacios, Miss Universe 2023.

Perempuan dengan nama lengkap Sheynnis Alondra Cornejo Palacios ini lahir pada 30 Mei 2000 di Managua, Nicaragua. Ia berprofesi sebagai presenter televisi dan model. Profesinya selaras dengan jurusan yang diambil saat menempuh pendidikan tinggi di Universidad Centroamericana yaitu Komunikasi Massa.

Ia sangat tertarik memproduksi dan mengedit konten video. Selain itu, Palacios juga menyukai olahraga. Ia pernah bermain bola voli untuk kelompok di perguruan tingginya. 

Terbuka dengan kesehatan mental

Kisah hidup Palacios ini tak jauh dari peran sang ibu yang menjadi tulang punggung keluarga. Ibu Palacios harus imigrasi ke bagian utara untuk mencari pekerjaan yang lebih baik. Bisnis snack yang dijalankannya terpaksa tutup karena krisis ekonomi.

Palacios sangat terbuka dengan perjalanan kesehatan mentalnya. Hal ini tergambar dalam video Voice for Change yang dibuat untuk Miss Universe 2023. Ia mengaku mengalami anxiety attack atau serangan kecemasan intens saat berkuliah.

Ia kemudian membuat proyek bertajuk “Understand Your Mind” yang menawarkan advokasi bagi para perempuan dengan isu kesehatan mental. Proyek ini menjadi program dalam segmen televisinya.

Karier beauty pageant

Karier beauty pageant Palacios dimulai sejak tahun 2016. Ia memenangkan gelar Miss Teen Nicaragua 2016. Empat tahun berselang, ia memenangkan Miss World 2020 untuk kemudian mewakili negaranya berkompetisi dalam Miss World 2021. Palacios masuk dalam 40 finalis teratas Miss World 2021. 

Pada 5 Agustus 2023, Palacios memenangkan gelar Miss Nicaragua 2023. Ia pun mewakili negaranya untuk berkompetisi dalam Miss Universe ke-72. Tak disangka, Palacios lolos maju ke babak semifinal.

Ia berhadapan langsung dengan Miss Thailand, Antonia Porsild dan Miss Australia, Moraya Wilson. Juri lantas memberikan pertanyaan bagi ketiga finalis tersebut yaitu: “Jika Anda bisa hidup satu tahun dengan posisi wanita lain, siapa yang akan Anda pilih dan mengapa?”.

Palacios menjawab Mary Wollstonecraft, seorang filsuf dan feminis asal Inggris abad ke-18. Menurutnya, Wollstonecraft memberi kesempatan kepada banyak perempuan untuk memperoleh haknya. 

“Dia membuka kesenjangan dalam membuka peluang bagi banyak perempuan,”ujar Palacios.

Palacios ingin meneruskan perjuangan Wollstonecraft. Ia ingin kesenjangan-kesenjangan tersebut bisa terbuka sehingga perempuan bisa bekerja di bidang apapun yang dipilihnya. Sontak jawaban ini membuat juri terpukau.

Mahkota Miss Universe yang telah bertahkta selama satu tahun di kepala R’Bonney Gabriel asal Amerika Serikat, kini berpindah ke Sheynnis Palacios. Selama satu tahun ke depan, ia akan menjalankan tugasnya sebagai Miss Universe 2023.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR