Profil Coco Lee, Penyanyi Dunia yang Meninggal Usai Koma Akibat Percobaan Bunuh Diri

6 Juli 2023 19:07 WIB

Narasi TV

Penyanyi Coco Lee yang berpulang pada 5 Juli 2023. Sumber: musictimes.com.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Kabar duka datang dari dunia musik. Penyanyi sekaligus penulis lagu Coco Lee dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (5/7/2023). Penyanyi yang dikenal sebagai pengisi soundtrack lagu Mulan tersebut meninggal di usia 48 tahun. 

Melansir dari bbc.com, penyanyi berkewarganegaraan Amerika Serikat ini meninggal dunia tiga hari setelah ia mengalami koma usia mencoba bunuh diri akhir pekan lalu di rumahnya di Hong Kong. 

“Pada 2 Juli, dia bunuh diri di rumah dan dikirim ke rumah sakit. Terlepas dari upaya terbaik dari tim rumah sakit untuk menyelamatkan dan merawatnya dari koma, dia akhirnya meninggal dunia pada 5 Juli 2023,” jelas Nancy, kakak Coco Lee, melalui akun instagramnya @nancy_yauyetei. 

Dalam keterangannya, Nancy juga mengungkapkan bahwa sang adik tengah mengalami depresi sejak beberapa tahun terakhir dan tengah berjuang dalam melawannya.

“Dengan sangat sedih, kami di sini menyampaikan berita yang paling menghancurkan: Coco telah menderita depresi selama beberapa tahun tetapi kondisinya memburuk secara drastis selama beberapa bulan terakhir,” tulis Nancy.

Berita ini tentu membuat kaget penggemar dan juga warganet, sehingga banyak orang yang mencari tahu latar belakang Coco Lee. 

Profil Coco Lee

Penyanyi yang dikenal dengan lagu Do You Want My Love dan Before I Fall in Love ini memiliki nama lahir Freen Lee, lahir di British Hong Kong pada 17 Januari 1975.

Ia lahir dari ibu tunggal yang berprofesi sebagai ahli bedah. Ayahnya meninggal dunia sebelum Coco Lee lahir.

Di awal perjalanan karirnya, Coco Lee lebih dulu berkarir di Hong Kong pada tahun 1994 dan merambah industri musiknya hingga ke Taiwan.

Semasa mudanya Coco Lee diketahui pernah tinggal di San Fransisco bersama ibu dan kedua kakak perempuannya.

Saat duduk di bangku sekolah menengah, Coco Lee berhasil dinobatkan sebagai Miss Junior Chinatown.

Karir seorang Coco Lee terus melejit. Hal ini terlihat dari salah satu lagunya berjudul “Do You Want My Love” yang berhasil bertahan pada posisi 4 tangga lagu Billboard pada tahun 1999.

Perempuan yang dikenal dengan senyum cerianya ini telah menghabiskan 30 tahun di industri musik. Album pertama bahasa Inggris-nya adalah Just No Other Way.

Selain menjadi seorang penyanyi, Coco Lee juga merupakan pengisi suara lagu “A Love Before Time” dalam film Crouching Tiger, Hidden Dragon, serta masuk ke dalam nominasi The Best Original Song dalam Academy Awards 2001.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR