Profil Gita Bahana Nusantara: Kelompok Orkestra Sukseskan Upacara HUT ke 78 RI

21 Aug 2023 10:08 WIB

thumbnail-article

Tangkapan layar penampilan Gita Bahana Nusantara dalam upacara Peringatan Kemerdekaan RI 17 Agustus 2023 lalu di Istana Negara. Sumber: Akun YouTube Sekretariat Presiden.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Perayaan HUT ke-78 RI pada Kamis 17 Agustus 2023 di Istana Negara sukses menyita perhatian publik salah satunya penampilan kelompok orkestra dan paduan suara Gita Bahana Nusantara.

Penampilan mereka sukses menjadi trending Twitter Indonesia. Banyak warganet yang turut membagikan momen penampilan Gita Bahana Nusantara.

Tak sedikit pula warganet yang penasaran dengan latar belakang mereka. Penjelasan lebih lengkapnya mengenai profil kelompok orkestra ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Profil Gita Bahana Nusantara

Mengutip dari laman Kemdikbud kemdikbud.go.id, Nama Gita Bahana Nusantara berasal dari bahasa Sansekerta. Kata “Gita” berarti nyanyian atau lagu. Sementara kata “Bahana” memiliki arti gema, bunyi, atau suara riuh rendah. Sedangkan Nusantara adalah sebutan dari wilayah kepulauan Indonesia. Jadi Gita Bahana Nusantara memiliki arti  nyanyian yang membahana dari seluruh wilayah di Indonesia.

Para personilnya dipilih dengan audisi yang ketat yang memiliki kemampuan akademis serta teknik musikal yang baik. Tim paduan suara ini terdiri tiga tim yaitu tim paduan suara, tim orkestra, dan tim aubade. 

Gita Bahana Nusantara dibentuk sebagai wadah untuk generasi muda dari seluruh Indonesia dalam bidang musik. Mereka diseleksi khusus untuk mengisi acara kenegaraan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara setiap tahunnya.

Tujuannya  adalah untuk membangun karakter dan jati diri bangsa, memupuk rasa kebersamaan dan nasionalisme, serta meningkatkan apresiasi seni di kalangan generasi muda. 

Gita Bahana Nusantara telah memeriahkan HUT Kemerdekaan Indonesia selama 20 tahun lamanya sejak tahun 2003.

Tahap penyelesaiannya cukup ketat, para peserta akan dijuri oleh ahli yang berkompeten di bidangnya. Pada tahun 2023 ini tim Gita Bahana Nusantara terdiri dari 119 anak muda yang berasal dari 33 provinsi di Indonesia.

Dalam upacara kemerdekaan Republik Indonesia, mereka berkolaborasi dengan penyanyi berbakat Indonesia Ziva Magnolya dan Adikarya.

Mereka menyuguhkan sembilan lagu seperti "Rayuan Pulau Kelapa", "Negeriku", "Satria Indonesia", "Nusantara II", "Zamrud Khatulistiwa", "Pemuda", "Hari Merdeka", dan medley lagu-lagu Nusantara.

Selain itu mereka juga berkolaborasi dengan Putri Ariani dengan membawakan lagu berjudul “Melati Suci”. Instrumen musik nusantaranya sangat kental dengan menyuguhkan suling, kendang, telompng, kendang dan tehyang.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER