Profil Guinea U-23, Sarat Pemain Eropa Namun Skuat Garuda Tak Gentar

8 Mei 2024 07:05 WIB

Narasi TV

Timnas Guinea U-23 berlatih jelang laga melawan Indonesia U-23 dalam laga playoff Olimpiade Paris 2024. (Sumber: Instagram/feguifootofficiel)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Profil Guinea U-23 yang akan menjadi lawan tanding Timnas Indonesia U-23 dalam pertandingan playoff untuk meraih tiket Olimpiade Paris 2024. Seberapa kuat ‘kah tim Guinea?

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi laga playoff setelah mengalami kekalahan dari Irak dalam persaingan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 pada Kamis (2/5/2024) malam WIB dengan skor 1-2.

Skuad Garuda Muda kemudian akan berhadapan dengan Guinea, yang berada di peringkat empat dalam Piala Afrika U-23 2023 setelah kalah dari Mali melalui adu penalti.

Menurut informasi dari Transfermarkt, skuad Guinea U-23 memiliki banyak pemain yang bermain di Eropa. Kiper mereka, Conde, aktif di SV Stripfing Austria, sementara Lassana Diakhaby bermain untuk Valenciennes FC Prancis.

Guinea juga memiliki lima bek yang bermain di Belgia, Prancis, dan Turki, serta pemain tengah yang berasal dari Spanyol, Yunani, Turki, dan Prancis.

Tim asuhan Kaba Diawara tersebut juga akan diperkuat gelandang muda milik RB Leipzig yang telah dipinjamkan ke Getafe, Ilaix Moriba.

Totalnya, 13 pemain Guinea U-23 berkompetisi di Benua Biru. Meskipun mereka dilepas oleh klubnya saat Piala Afrika U-23, tidak bisa dipastikan apakah mereka akan turun dalam playoff Olimpiade.

Peluang Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade

Timnas Indonesia U-23 masih memiliki peluang untuk kembali mencatatkan sejarah tampil di Olimpiade Paris 2024 syaratnya skuad Garuda Muda harus mampu mengalahkan Guinea U-23 di babak playoff.

Sejauh ini, pihak PSSI sedang melakukan komunikasi yang cukup intens dengan beberapa klub pemain yang sedang menjalani kompetisi.

Nama Justin Hubner sempat ramai dibicarakan publik lantaran sang pemain digadang-gadang tidak bisa memperkuat Merah Putih lantaran kompetisi Liga Jepang saat ini sedang bergulir dan dikhawatirkan tidak mendapat izin dari Cerezo Osaka.

Di sisi lain, PSSI juga sedang negosiasi dengan Ipswich Town agar sang klub bisa melepas Elkan Baggott usai mereka berhasil promosi ke Liga Inggris.

Kendati demikian, jika skuad Timnas Indonesia U-23 lengkap, maka tidak menutup kemungkinan Garuda Muda akan meraih tiket Olimpiade 2024 di Paris.

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23

Berikut adalah jadwal pertandingan antara Indonesia dan Guinea:

Hari/ Tanggal: Kamis, 9 Mei 2024

Waktu: Pukul 19.00 WIB

Lokasi: Stade Pierre-Pibarot, Ales, Prancis

Pemenang pertandingan akan masuk ke dalam Grup A Sepakbola Olimpiade bersama Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Prancis.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR