Profil Harashta Haifa Zahra, Juara Miss Supranational Pertama dari Indonesia

9 Juli 2024 18:07 WIB

Narasi TV

Harashta Haifa Zahra, Juara Miss Supranational Pertama dari Indonesia. Sumber: ANTARA/ Instagram Miss Supranational.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Nama Harashta Haifa Zahra menjadi perbincangan publik usai dirinya berhasil keluar sebagai pemenang Miss Supranational 2024. Ia mencatatkan sejarah sebagai perempuan Indonesia pertama yang menjuarai kontes kecantikan tersebut. 

Harashta berhasil mengalahkan pesaingnya yang berasal dari Amerika Serikat, Republik Ceko, Brasil dan Curacao di babak lima besar pada malam grand final yang berlangsung pada Sabtu (6/7/2024) di Polandia. 

“”Harashta Haifa Zahra, usia 20, dari Kota Bandung, Jawa Barat, mendapatkan mahkota Miss Supranational ke-15 pada pertunjukan final di Nowy Sacz, Polandia Kecil,” demikian bunyi pengumuman resmi di akun @misssupranational pada Minggu (7/7/2024). 

Sebelum mengikuti Miss Supranational 2024, perempuan yang akrab disapa Tata itu memenangkan kontes Puteri Indonesia pada bulan Maret lalu. Kemenangannya itulah mengantarkan Tata berkompetisi di salah satu kontes kecantikan terbesar dunia. 

Lalu, siapakah Harashta Haifa Zahra, mojang Bandung pemenang Miss Supranational pertama dari Indonesia?

Profil Harashta Haifa Zahra

Harashta Haifa Zahra atau Tata merupakan perempuan kelahiran Garut, 5 September 2003. Ia merupakan anak pertama dari pasangan Ginanjar dan Yeni Yuliani. Tata diketahui memiliki seorang adik bernama Hasya Hafizha Dhafin. 

Meski lahir di Garut, Tata banyak menghabiskan masa kecilnya di Bandung. Ia lulus dari SMA Negeri 2 Bandung pada 2020 dan melanjutkan pendidikan Institut Teknologi Nasional Bandung (ITENAS) jurusan Teknik Lingkungan. 

Sejak kecil Tata telah menunjukkan ketertarikan di bidang seni seperti menyanyi dan menari. Kariernya di kontes kecantikan dimulai pada 2022 dengan mengikuti ajang pemilihan duta daerah Kota Bandung yakni Mojang Jajaka Kota Bandung. 

Pada 2022, Tata kembali mengikuti kontes kecantikan Puteri Indonesia Jawa Barat 2024. Ia keluar sebagai juara dan mewakili Provinsi Jawa Barat pada ajang pemilihan Puteri Indonesia 2024. 

Rupanya, ia kembali terpilih sebagai pemenang dan dianugerahi gelar sebagai Puteri Indonesia 2024. Tata dimahkotai oleh pendahulunya yakni Puteri Indonesia 2023, Farhana Nariswari Wisandana.

Sebagai pemenang Puteri Indonesia 2024, Tata ditunjuk untuk mewakili Indonesia pada ajang Miss Supranational 2024. Kontes tahunan inti diselenggarakan pada 6 Juli 2024 di Nowy Sacz, Polandia Kecil, Polandia. 

Pada babak final, Tata berhasil keluar sebagai pemenang dan dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024 oleh pendahulunya, Andrea Aguilera dari Ekuador. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR