Profil Kevin Mintaraga, Pendiri Bridestory Sekaligus CMO Tokopedia yang Jeli dalam Berbisnis

22 Jul 2024 18:07 WIB

thumbnail-article

Kevin Mintaraga. (Sumber: Dok. Tokopedia)

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Apakah kamu pernah mendengar Bridestory? Marketplace ini disebut-sebut sering menjadi langganan para artis. Kesuksesan Bridestory tidak lepas dari peran sosok Kevin Mintaraga. Berikut profil Kevin Mintaraga, pendiri Bridestory.

Bridestory merupakan marketplace yang mewadahi vendor ternama untuk menangani event pernikahan. Marketplace ini berdiri sejak 2014. Berkantor pusat di Indonesia, Bridestory juga memiliki basis pengguna di Filipina dan Singapura. 

Bridestory juga sering digunakan oleh artis ternama tanah air, mulai dari Raisa, Isyana Sarasvati, Beby Tsabina, hingga Aaliyah Massaid. Tak heran jika Bridestory disebut sebagai wedding marketplace langganan para artis.

“Impian kami adalah mewujudkan semua impian calon pengantin, dan membantu vendor wedding terhubung dengan para calon pengantin,” tulis Bridestory dalam laman resminya.

Di balik berdirinya Bridestory, ada peran Kevin Mintaraga yang dikenal jeli melihat peluang bisnis. Kevin Mintaraga adalah pendiri Bridestory yang juga menjadi Chief Marketing Officer (CMO) Tokopedia. Ia masuk dalam daftar 40 Under 40 Fortune Indonesia kategori Business.

Lantas, siapakah Kevin Mintaraga? Berikut profil lengkapnya!

Profil Kevin Mintaraga

Kevin Mintaraga lahir pada 19 Januari 1985. Ia telah lama bergelut di dunia bisnis. Bahkan, Kevin juga dinilai jeli melihat peluang bisnis. Pencapaiannya ini tidak terlepas dari perjuangan Kevin selama menempuh pendidikan dan memulai usahanya.

Ia menempuh pendidikan Ilmu Komputer di Deakin University, Australia. Jurusan tersebut merupakan rekomendasi dari ayahnya karena melihat Kevin yang cukup aktif bermain game online. Saat berkuliah, Kevin justru menyesali keputusannya karena harus berhadapan dengan coding.

Di tengah proses perkuliahan, Kevin harus kembali ke Indonesia karena terkena serangan jantung. Musibah ini membuat biaya pendidikan Kevin terpaksa dialihkan untuk pengobatan sang ayah.

Tahun 2006, Kevin kembali ke Indonesia. Ia berencana menjadi sopir taksi lantaran tidak memiliki ijazah. Ia hanya memiliki keahlian menyetir mobil saja. Hingga akhirnya Kevin menerima tawaran sebagai Account Executive (AE) di perusahaan bidang desain grafis.

Karier bisnis Kevin Mintaraga

Perkembangan media sosial tahun 2008 menginspirasi Kevin dan teman-temannya untuk mendirikan bisnis iklan bernama Magnative. Proyek pertamanya memang tidak mendapat penghasilan besar. Namun, Magnative tetap memberi servis yang baik dan memuaskan kepada kliennya.

Tahun 2012, Kevin Mintaraga pun menikah. Pengalamannya mempersiapkan pernikahan menjadi inspirasinya berbisnis di bidang yang lain. Terlebih istrinya, Natasya, juga seorang wedding planner. Dari situ, Kevin pun mendirikan Bridestory pada 2014 sebagai jasa penyedia vendor pernikahan.

Kala itu, para vendor jarang sekali melakukan promosi secara online. Padahal, calon pengantin membutuhkan banyak informasi seputar pernikahan. Menurut Kevin, banyak orang yang berani menghabiskan banyak uang demi pernikahan.

Melalui platform Bridestory, pengguna dapat mencari vendor berdasarkan kebutuhan yang diinginkan. Mulai dari perlengkapan pernikahan, perhiasan, fotografi, dan harga yang sesuai budget masing-masing.

Pada 2018, Tokopedia mengakuisisi Bridestory. Hal ini memungkinkan Tokopedia untuk menjangkau segmen pasar baru. Setelah bergabung di sana, Kevin pun ditunjuk sebagai Chief Marketing Officer dan meluncurkan Tokopedia Affiliate Program.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER